Peristiwa Internasional

Enam Kematian Pertama Oleh Covid-19 di Korea Utara

Jumat, 13 Mei 2022 - 18:12 | 37.17k
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul dengan masker wajah di televisi untuk pertama kalinya pada hari Kamis untuk memerintahkan penguncian nasional. (FOTO: BBC/Getty Image)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul dengan masker wajah di televisi untuk pertama kalinya pada hari Kamis untuk memerintahkan penguncian nasional. (FOTO: BBC/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKorea Utara umumkan kematian pertamanya karena Covid-19. Media pemerintah melaporkan bahwa puluhan ribu warga lainnya mengalami gejala demam.

Media tersebut jug amelaporkan pada hari Jumat (13/5/2022), enam orang meninggal setelah menderita demam dengan satu tes positif untuk Omicron. Dikatakan 187.000 orang dengan demam sedang diisolasi dan dirawat.

Sementara, seperti dilansir BBC, para ahli percaya virus telah hadir di negara itu untuk beberapa waktu, pihak berwenang hanya mengumumkan kasus pertama pada hari Kamis.

Mereka mengatakan telah terjadi wabah varian Omicron di ibu kota Pyongyang, dan mengumumkan tindakan penguncian. Mereka tidak memberikan nomor kasus yang tepat.

Tetapi dalam pembaruan pada hari Jumat, kantor berita resmi KCNA melaporkan bahwa wabah itu meluas sampai keluar ibu kota. "Demam yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi menyebar secara eksplosif, secara nasional mulai akhir April," katanya.

"Sekitar 350.000 orang telah menunjukkan tanda-tanda demam itu," tambahnya, tanpa merinci berapa banyak yang dinyatakan positif Covid.

Analis menyarankan angka terbaru dari media pemerintah, termasuk pengakuan bahwa demam yang tidak ditentukan telah menyebar secara nasional, dapat mengindikasikan negara tersebut sedang mengalami wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Populasinya yang berjumlah 25 juta rentan karena kurangnya program vaksinasi dan layanan kesehatan yang buruk," kata para ahli.

Korea Utara menolak tawaran dari komunitas internasional untuk memasok jutaan vaksin AstraZeneca dan buatan China tahun lalu. Sebaliknya, ia mengklaim telah mengendalikan Covid dengan menutup perbatasannya pada awal Januari 2020.

Negara ini berbagi perbatasan darat dengan Korea Selatan dan Cina, yang sama-sama berjuang melawan wabah. China sekarang berjuang untuk menahan gelombang Omicron dengan penguncian di kota-kota terbesarnya.

Pada hari Jumat, KCNA melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mengunjungi pusat kesehatan dan belajar tentang penyebaran Covid-19 secara nasional.

Data mengindikasikan bahwa virus telah menyebar dengan cepat ke seluruh negeri, jauh melampaui ibu kota Pyongyang. Ini menempatkan seluruh populasi 25 juta dalam bahaya. Tidak ada yang divaksinasi, banyak yang kekurangan gizi, dan sistem perawatan kesehatan buruk.

Virus mungkin tidak menghadirkan bahaya terbesar. Namun penguncian (lockdown) bisa menghancurkan banyak orang.

Makanan dan obat-obatan sudah menipis, perbatasan negara itu selama lebih dari dua tahun ditutup, dan memutus hampir semua perdagangan.

Kim Jong-un tetap menginginkan beberapa pekerjaan dilanjutkan. Tetapi sangat mungkin bahwa pasar, tempat banyak orang mencari nafkah, akan ditutup. Ini juga akan lebih sulit bagi orang untuk bergerak di seluruh negeri. Hal ini pada gilirannya akan mempersulit mereka untuk mendapatkan makanan dan persediaan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Dengan menerbitkan sejumlah data pada hari ini, beberapa orang mengatakan, Korea Utara menunjukkan bahwa mereka akhirnya bersedia menerima bantuan dari luar.

Pada pertemuan yang menguraikan aturan Covid baru pada hari Kamis, Kim terlihat mengenakan masker di televisi untuk pertama kalinya. Dia memerintahkan kondisi darurat maksimum, yang mencakup penguncian lokal dan pembatasan berkumpul di tempat kerja.

Ada kekhawatiran wabah besar dapat mempersulit pasokan penting untuk memasuki negara itu, memperburuk kekurangan pangan dan ekonomi yang goyah.

Korea Selatan mengatakan pihaknya menawarkan bantuan kemanusiaan setelah pengumuman Kamis, tetapi pemerintah Korea Utara belum menanggapi. Terlepas dari klaim sebelumnya dari Korea Utara bahwa mereka berhasil dalam mencegah Covid-19, ada tanda-tanda di seluruh pandemi kemungkinan kehadirannya di negara itu, termasuk laporan kasus yang belum dikonfirmasi dan pekerja yang mengenakan pakaian hazmat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES