Peristiwa Daerah

Kini Layang Putus Bisa Dinikmati Warga Kabupaten Majalengka

Jumat, 13 Mei 2022 - 17:25 | 52.99k
Masyarakat Kabupaten Majalengka tengah memanfaatkan layanan Layang Putus. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Masyarakat Kabupaten Majalengka tengah memanfaatkan layanan Layang Putus. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sebagai upaya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terus meluncurkan inovasi baru. Di antaranya, Layanan Datang Jemput Uang Setoran (Layang Putus).

Layanan inovasi yang juga sekaligus sebagai upaya memaksimalkan pelayanan pajak bagi masyarakat Kabupaten Majalengka itu, telah meluncur sejak 11 Mei 2022 di wilayah Kecamatan Dawuan, Kasokandel dan Ligung.

Kepala Bapenda Kabupaten Majalengka, Irfan Nur Alam mengatakan, inovasi pelayanan yang dilakukan dengan metode jemput bola tersebut selain memudahkan masyarakat juga mendorong pendapatan daerah di sektor pajak.

Masyarakat-Kabupaten-Majalengka-tengah-memanfaatkan-layanan-Layang-Putus-2.jpg

Dijelaskan Irfan, bahwa Bapenda sambang kecamatan hingga desa/kelurahan ini, dilakukan sebagai upaya jemput bola dan untuk meningkatkan layanan ke masyarakat dan hasilnya pajak yang disetorkan ke kas daerah pada acara tersebut cukup besar.

"Melalui layanan tersebut, kami juga telah melaksanakan 'Layang Putus' dengan PT Litex dan RM Cibiuk," ungkap Irfan Nur Alam kepada TIMES Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Menurut Irfan, bahwa layanan inovasi 'Layang Putus' tersebut akan siap meluncur kembali ke sejumlah pelosok desa lainnya secara bergiliran yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka.

Ia menjelaskan, nantinya ada empat jenis pajak yang difasilitasi dalam program tersebut. Diantaranya yang pertama yaitu layanan pembayaran pajak daerah, kedua layanan mutasi/koreksi SPPT PBB P2 dan ketiga layanan konsultasi pajak daerah serta keempat layanan pendaftaran NPWPD.

Masyarakat-Kabupaten-Majalengka-tengah-memanfaatkan-layanan-Layang-Putus-3.jpg

"Sehingga, masyarakat dapat langsung melakukan pembayaran PBB P2 dan pajak daerah lainnya melalui mobil pelayanan keliling. Alhamdulilah, hingga kali ketiga dilaksanakan 'Layang Putus', masyarakat Majalengka sangat antusias," katanya.

Irfan menambahkan, ke depan mobil pelayanan tersebut juga direncanakan akan beroperasi ke desa-desa langsung untuk melayani masyarakat Kabupaten Majalengka, secara bergiliran.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Bapenda. Cukup menyimak jadwal yang telah disediakan di desa/kelurahan masing-masing, kemudian bisa langsung datang dengan membawa beberapa persyaratan sesuai dengan ketentuan.

Namun, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan 'Layang Putus' langsung dapat menghubungi call centre Bapenda Majalengka di nomor (0233) 8297929. Karena, program ini tak hanya memberikan pelayanan namun juga sosialisasi terkait pajak.

"Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan layanan Layang Putus ini dengan semaksimal mungkin, karena banyak yang bisa dikakukan tanpa harus jauh-jauh datang ke Bapenda Kabupaten Majalengka," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES