Pendidikan

Siswa SMK di Kota Malang Mulai Persiapkan Peluang Kerja Digital Profesional

Jumat, 13 Mei 2022 - 16:55 | 44.88k
Suasana kegiatan Moklet Youtuh DigiTalent, bertempat di gedung SMK Telkom Malang, Jumat (13/5/2022). (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan Moklet Youtuh DigiTalent, bertempat di gedung SMK Telkom Malang, Jumat (13/5/2022). (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Perkembangan zaman yang semakin pesat, membuat tren digital mulai mendominasi berbagai sektor, salah satunya pada dunia pekerjaan.

Melihat peluang tersebut, SMK Telkom Malang mengajak kolaborasi Ngalup Collaborative Network dan Jagoan Hosting dalam membuat pelatihan siswa-siswi guna mempersiapkan peluang kerja digital profesional.

Melalui kegiatan bertema Moklet Youtuh DigiTalent, bertempat di gedung SMK Telkom Malang, kegiatan tersebut pun diikuti sebanyak 400 siswa kelas XII yang bakal mendapat pelatihan, pembekalan dan pendampingan guna memasuki dunia kerja digital.

Suasana-kegiatan-Moklet-Youtuh-DigiTalent-2.jpg

Business Development Manager Jagoan Hosting Indonesia, Rizal Faizal mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu cara dalam mendukung kebutuhan para siswa-siswi di era digitalisasi.

Sejumlah materi, teknik hingga praktik pun dilakukan selama satu bulan pelatihan bagi para siswa-siswi SMK Telkom Malang.

"Jadi seperti siswa yang mendapatkan pekerjaan di bidang digital, akan kita bekali materi seperti pengenalan profesi, pembuatan CV dan portofolio, interview hack hingga optimalisasi LinkedIn," ujar pria yang akrab disapa Ical, Jumat (13/5/2022).

Dengan ini, lanjut Ical, ia ingin membentuk para siswa-siswi dalam menghadapi perubahan digitalisasi agar nantinya bisa terus mengikuti arus perkembangan digital Indonesia.

"Jadi outputnya ini mereka (siswa-siswi) bisa ready menjemput era digital. Tak hanya paham teknis, tapi juga bisa berkompetisi di dunia digital," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Telkom Malang, Rahmat Dwi Jatmiko menyebutkan, dengan adanya kegiatan tersebut dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam peluang digital profesional bisa benar-benar menjadi nyata dan memberikan pengaruh besar.

Sebab, menurutnya tahun 2045 kebutuhan talenta digital semakin besar seiring perkembangannya. Maka dari itu, bisa saja kegiatan ini bakal dilakukan secara berkala dan tak berhenti sampai disini.

"Kita sebagai sekolah kejuruan yang fokus di informatika juga mempunyai tanggungjawab penting menyiapkan adik-adik. Jadi sangat saya dukung dan praktis harus berkelanjutan," tuturnya.

Terlebih, menurut Rahmat para siswa-siswinya bisa lebih pede dalam memutuskan untuk bisa berwirausaha digital ataupun bekerja bersama orang lain.

"Jadi mereka sudah paham saat memasuki dunia kerja harus bagaimana. Apalagi jika punya produk dan menawarkan kepada investor mereka sudah siap untuk melangkah," tegasnya.

Terpisah, siswa SMK Telkom Malang Kelas XII, Dzaky Subkhan merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Sebab, kegunaan dalam memberi pengalaman dan pemahaman secara utuh saat memasuki dunia kerja digital, sangat berpengaruh pada setiap individunya.

"Ini berguna bagi teman-teman untuk step selanjutnya penting kah berhubungan atau mempersiapkan opsi wirausaha atau bekerja dengan orang lain. Itu pemahaman yang sangat penting bagi saya," katanya.

Jadi, bagi Dzaky menentukan pilihan dan memahami dunia digital menjadi pengaruh besar dalam memasuki langkah selanjutnya. "Jadi di sini kita mantapkan agar kita semua bisa memutuskan dan memilih," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES