Kopi TIMES

Syawal sebagai Bulan Silaturrahim

Jumat, 13 Mei 2022 - 16:11 | 32.12k
Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
Suaeb Qury Ketua Komisi Informasi (KI) NTB
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Empat hari pasca lebaran iedul Fitri, semakin memperkuat langkah untuk tetap berjalan dan dengan niat yang tulus menjalin silaturahmi dengan orang-orang hebat. Di jalan Nirwana itu, kami bisa berjumpa dengan sahabat lama dan guru besar Prof Dr Suprapto,M.Ag, Zaki Mubarak dan teman-teman KSR STAIN Mataram angkatan 1999  di kediaman Dr. Sirajul Jadi,M.Pd. Tak teraa sudah siang, kami diskusikan pelbagai isu sosial-kegamaan.

Bertolak dari sana, kami melangkah menuju kediaman senior dan sahabat sekaligus mentor bagi teman-teman penyelenggara Pemilu. Ia Senior di PMII dan Ansor serta sekarang menjabat sebagai Sektretaris PW NU NTB, L.Aksar Ansori,SP, mantan ketua KPU NTB. Kalau tema dan isi perbincangan sama senior Aksar Ansori tidak jauh dengan seputar ke-NU an dan lebih khusus lagi NU NTB. Ada banyak pesan dan isi pembicaraan dan ngobrol ringan dengan beliau, di antaranya terkait dengan diaspora kader NU yang ada diberbagai segmen dan level kota dan kabupaten serta provinsi.

Di sore hari menjelang magrib arah mobil menuju kediaman Ketua Demokrat NTB sahabat Indra Jaya Usman atau lebih akrab dipanggil IJU. Suasana sore hari di seputaran kawasan hijau desa nyiur Lembang Narmada sejuk dan cuaca gerimis. Mungkin di NTB, Indra Jaya Usman adalah salah satu dari Ketua Partai berlambang Mersi itu termuda di NTB. Dari silaturahim dan ngobrol ringan dengan sang Ketua Demokrat NTB sahabat IJU, seputar perkembangan dan peta politik di NTB.

Menjadi tradisi umat Islam Indonesia sejak dulu sampai sekarang dan tetap terjaga dan dipilihara yakni saling maaf memaafkan,  halal BI halal dan Silaturahim serta ziarah kubur, selepas dari turun sholat Iedul Fitri. Dari sejak 1 syawal dan sampai hari kedepan puncak saling berjabat tangan (bersimpuh) anak dengan ortua, dan silaturahim antar keluarga jauh, dekat,antar murid dan guru, antar sahabat, teman dan kharib serta kadang reuni besar dan kecil antar angkatan sekolah.

Kerinduan dan bertemu dihari raya Iedul Fitri penuh kenangan dan makna tersendiri,kadang lama dan bertahun-tahun tidak berjumpa dan bersua dengan orang tua, dan saudara,keluarga, teman serta sahabat yang kadang rindu dan punya kenangan dan cerita. Di situlah puncak kebahagiaan dan kegembiraan yang istimewah dari makna hari raya Iedul Fitri yang selalu dinanti dan dipastikan semua punya cerita dari lebaran ke lebaran. Obat rindu yang maha dahsyat itu hanya ada di 1 Syawal yakni hari raya Iedul Fitri.

Memori lama seakan bisa diputar kembali dalam perjumpaan di hari raya Iedul Fitri. Dan saling memaafkan terucap dengan tulus atas salah dan khilaf,baik sengaja maupun tidak sengaja. Disitu pula suara Isyak tangis dan ucapan maaf terlontar dengan saling berpelukan dan saling bersalaman. Semua maaf terucap dan tersampaikan dalam hati yang bertemu dan tangan yang berjabat. Alhamdulillah dari tadi siang 3 Mei 2022, bisa berjabat tangan dan silaturahim dengan Drs H.Marina Hardi di siangbya, di sore hari melanjutkan silaturahim dengan Bunda Hj.Wartiah (DPR RI), malamnya berjumpa dan silaturahmi denga H Sirajuddin ( DPRD provinsi NTB) serta H.Mujhir (Wakil Ketua DPRD NTB).

Di hari Kemenangan Itu bertemu melanjutkan bertemu dan berjumpa serta bersilaturahim dengan para senior,sahabat dan teman serta kawan lama itu adalah memontum terbaik di bulan Syawal pasca lebaran iedul Fitri. Beberapa hari ini, memang waktu yang ada dibahiskan untuk bisa berjumpa dan bersilaturahmi dengan orang-orang hebat dan penuh haja.

Kami juga bisa bertemu  dan bersalaman serta bincang-bincang dengan Bapak Drs.H.Abdul Hafid (Wakil Ketua KomisiI DORD NTB) dikediaman beliau yang nan sejuk dan penuh dengan tanaman. Perbincangan seputar hari raya Iedul Fitri dan sedikit senggol-senggol soal politik dan ke NTB an hari ini dan kedepan. Memang beliau(Abah Hafid) panggilan yang akrab beliau sejak kami mengenai beliau.

Sosok yang penuh kharisma ini, menjadi tempat menimba dan belajar bagi generasi muda pulau sebrang yakni Mbojo, hampir semua genrasi Mbojo pasti mengenal sosok beliau yang apa adanya dan tegas dalam menyampaikan pandangan dan pikiran serta selalu memberi solusi bagi setiap genrasi muda.

Dari rumah Abah Hafid, silaruhim dilanjutkan ke rumahnya  salah satu tokoh muda dan berpengaruh di partai berlambang Ka'bah{PPP) yakni M.Akri,SHI (Sektrtais  PW PPP Ketua FPPP  dan Wakil Ketua Komisi I DPRD NTB), tidak jauh dari perbincang seputar politik juga, semakin siang pembicraan semakin seru,terkait dengan peta politik dan kontestasi politik 2023. Memang,kalau sudah bicara politik bersama sahabat M,Akri, tidak akan pernah habis dan putus-putus. Memang talenta politisi bagi M.Akri, sudah mulai bersinar dan terlihat sejak menduduki jabatan sebagai anggota Dewan dan sebagai ketua FPPP DPRD NTB

Dan malam harinya, lanjut kongko-kongko ringan dan canda tawa dengan mantan Sekwil PW NU NTB (Ir.Lalu Winenagan,MM) di kediaman beliau dan cukup ramai juga, ada Dr.Irpan Suriadiata, Samsul Hadi dan A.Hafis. cukup lama juga tidak bersua dengan beliau dan sampai malam bincang-bincang seputar NU dan Karir beliau dan masa depan Lombok Barat juga menjadi sobyek yang dibicarakan.

Lebaran Topat di Bulan Syawal

Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam di Lombok dan khususnya di Kota Mataram dan Lombok Barat dan sekitarnya yakni marakyakan hari lebaran ketupat. Hal yang sama juga menjadi tradisi juga disetiap daerah di Indonesia memiliki tradisi tersebut dengan berbagai sebutan dan makna tersendiri.Dan yang lebih heroik lagi merayakan lebaran topat bagi masyarakat di Lombok Barat, Desa Lingsar,cukup unik dan terjadi sejak zaman dulu dan keragaman bisa dilihat dari saling lempar Topat antara umat Islam dengan umat Hindu.

Peristiwa dan menjaga tradisi lebaran Topat bagi masyarakat Islam di Lingsar dan Lombok Barat sekitarnya adalah gambaran dari perjuangan selama satu bulan penuh menjalani ibadah puasa ramadhan dan salah satu wujud dari rasa syukur kepada Allah SWT segala yang diberikan,baik rejeki,kesehatan dan kekuatan serta umur. Bentuk rasa  syukur itulah yang wujudkan dalam  kegembiraan yang melibatkan seluruh keluarga dan masyarakat dengan menyambut dan merayakan Lebaran Topat.

Menyaksikan dan ikut dalam kegembiraan merayakan lebaran Topat yang ada di lombok barat, bisa dilihat begitu ramai dan penuh sesak dari ribuan umat Islam yang berkunjung diberbagai tempat wisata dan makam yang ada di Lombok. Dan sambil menikmati makanan khas yanki tupat yang disajikan menjadi menu utama makanan.

Satu dari ribuan banyak keluarga yang mengunjungi dan meramaikan tempat wisata di Lombok adalah satu keunikan dari umat Islam di Lombok dalam merayakan lebaran Topat dan itulah keindahan yang bisa saling memberi manfaat secara sosial keagamaan dan danpak secara ekonomis. Dan kami-pun sekeluarga menjadi terbiasa dan ikut dari tradisi yang menjadi warisan dari umat Islam di Lombok.

Lebaran Topat tidak terbiasa dan bahkan tidak ada di pulau Sumbawa. Namun,bagi keluarga yang sudah menjadi bagian dari keluarga di Lombok,maka secara otomatis mengikutinya dan membawa cerita yang tiada biasa dari apa yang terjadi di  pulau Sumbawa. Itulah lebaran Topat yang menjadi bagian dari tradisi yang istimewa bagi umat Islam di lombok. Dan menjaga tradisi (urf) adalah cara dari melestarikan apa yang sudah diwariskan oleh para ulama dan Tuan Guru di Lombok Barat.

*) penulis, Suaeb Qury Ketua Komisi Informasi (KI) NTB

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Perpetuate Your Love at Lock Bridge of Niagara Mini Ijen Bondowoso
    Perpetuate Your Love at Lock Bridge of Niagara Mini Ijen Bondowoso
    21/05/2022 - 05:16
  • Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Aruna Senggigi Keeps Becoming TripAdvisor Travelers Choice 2022
    Aruna Senggigi Keeps Becoming TripAdvisor Travelers Choice 2022
    21/05/2022 - 02:28
  • Wujudkan Wedding Dream Anda Bersama ASTON Jember Hotel
    Wujudkan Wedding Dream Anda Bersama ASTON Jember Hotel
    21/05/2022 - 01:24
  • Omah'e Opa, Best Place to Take Your Family during Weekend
    Omah'e Opa, Best Place to Take Your Family during Weekend
    21/05/2022 - 00:36

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Metropolitan Pesisir Malang
    Metropolitan Pesisir Malang
    20/05/2022 - 12:09
  • Bangkit Berbudaya
    Bangkit Berbudaya
    20/05/2022 - 10:48
  • Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    19/05/2022 - 19:24
  • Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    19/05/2022 - 17:11
  • Urgensi Budaya Literasi di Era Digital
    Urgensi Budaya Literasi di Era Digital
    19/05/2022 - 05:35
  • Kongres III PERGUNU: Perlu Keberanian Menata Sistem Organisasi Profesi Guru
    Kongres III PERGUNU: Perlu Keberanian Menata Sistem Organisasi Profesi Guru
    19/05/2022 - 03:33
  • Cintai Pekerjaan
    Cintai Pekerjaan
    18/05/2022 - 17:51

KULINER

  •  4 Makanan Mahal Luar Negeri dengan Harga Terjangkau di Indonesia
     4 Makanan Mahal Luar Negeri dengan Harga Terjangkau di Indonesia
    19/05/2022 - 08:25
  • Pesona Cafe Laut Semare Binaan Potensial HCML
    Pesona Cafe Laut Semare Binaan Potensial HCML
    18/05/2022 - 20:34
  • Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    18/05/2022 - 01:33
  • Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    16/05/2022 - 19:38
  • Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    16/05/2022 - 17:12