Adv

Semarak HJKS ke 729, Festival Rujak Uleg dan Parade Budaya Kembali Digelar

Jumat, 13 Mei 2022 - 12:11 | 15.81k
Semarak HJKS ke 729, Festival Rujak Uleg dan Parade Budaya Kembali Digelar
Parade Budaya di HJKS. (foto: Humas Pemkot Surabaya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kota Surabaya akan menapaki usianya yang ke 729 pada 31 Mei 2022 mendatang. Untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke 729 ini, Pemkot Surabaya menggelar beragam event yang dipastikan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, Festival Rujak Uleg dan Parade Budaya kembali digelar setelah beberapa tahun ini vakum akibat pandemi.

Semarak HJKS ke 729 itu sudah dimulai awal bulan ini. Surabaya Shopping Festival menjadi pembuka serangkaian event dalam HJKS tahun ini. Event yang digelar pemkot bersama Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) ini digelar pada 1-31 Mei 2022 dengan melibatkan 39 mall di Kota Pahlawan.

“Event berikutnya adalah Kejuaraan Futsal Piala Wali Kota Surabaya Antar Club U-19 mulai 11-15 Mei 2022 yang digelar di Indoor Gelora Bung Tomo. Acara yang digelar pemkot bersama Asosiasi Futsal Kota Surabaya dan KONI Surabaya ini diikuti oleh 32 tim futsal putera se-Surabaya. Acara ini sudah dibuka langsung oleh Pak Wali Kota,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati. 

Parade-Budaya-di-HJKS-2.jpg

Selanjutnya, ada Kejuaraan Balap Sepeda Piala Wali Kota Suroboyo Race 2022 yang akan digelar pada 15 Mei 2022 di Sirkuit Gelora Bung Tomo. Lomba yang diselenggarakan oleh pemkot bersama Coach J dan ISSI Surabaya ini merupakan lomba tingkat nasional yang diikuti oleh kurang lebih 500 peserta.

“Nanti pada 17-21 Mei itu, pemkot juga akan menggelar bakti sosial, dan rencananya akan digelar di lima titik yang sudah kita tetapkan,” ujarnya.

Kemudian, ada Kejuaraan Nasional Panahan Tradisional pada 21–22 Mei 2022 di Lapangan Sepak Bola Mulyorejo. Event yang diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya bekerjasama dengan Persatuan Panahan Tradisional (PERPATRI) Kota Surabaya dan KORMI Kota Surabaya itu diikuti oleh sekitar 350 peserta dari seluruh Indonesia.

Lomba Bromo KOM Challenge 2022  juga akan memeriahkan HJKS tahun ini. Lomba yang akan digelar pada 21 Mei 2022 ini terselenggara berkat kerjasama pemkot dengan PT. DBL Indonesia dan Bromo KOM Challenge 2022.

Parade-Budaya-di-HJKS-3.jpg

Lomba skala nasional yang diikuti oleh 1000 peserta dari berbagai kota di Indonesia ini akan start dari Polda Jawa Timur dan finish di Bromo Pasuruan.

“Lalu keesokan harinya, 22 Mei 2022, akan ada Recovery Ride yang akan start dari Surabaya Town Square dan akan finish di Taman Surya Balai Kota Surabaya,” imbuhnya. 

Di samping itu, pada tanggal 21-22 Mei 2022, Pemkot Surabaya bersama HIPMI Surabaya dan Kadin Surabaya akan menggelar Surabaya Business Forum di Balai Pemuda Surabaya. Dalam acara itu, sejumlah tokoh nasional termasuk sejumlah menteri dan kepala daerah akan mengisi acara tersebut.

Wiwiek menambahkan ada acara lain yang tak kalah meriah, yakni Surabaya 729 Game, yaitu pertandingan pre-session sepak bola Persebaya VS Persis Solo yang digelar pada 22 Mei 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Tomo.

“Jadi, ini pertandingan single match antara Persebaya dan Persis Solo yang digelar oleh pemkot bersama PT Persebaya,” tegasnya.

 Selain itu, pada tahun ini pemkot akan menggelar kembali Festival Rujak Uleg pada 22 Mei 2022 di Jalan Kembang Jepun. Event yang rencananya diikuti oleh sekitar 700 peserta atau 140 grup itu akan melibatkan UMKM Rujak Cingur dan makanan serta minuman lainnya.

Selanjutnya, ada pula Kejuaraan Basket Piala Wali Kota Surabaya Antar Pelajar SMP dan SMA yang akan digelar pada 23–29 Mei 2022 di GOR Pancasila dan Indoor Gelora Bung Tomo. Event yang digelar berkat kerjasama pemkot dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Kota Surabaya itu akan diikuti oleh 50 tim basket Surabaya kategori pria dan wanita tingkat SMP dan SMA.

 “Pada 25 Mei 2022, pemkot akan menggelar donor darah di Balai Kota Surabaya. Setelah itu, pada 28-29 Mei 2022, akan ada event Lomba Dayung Perahu Sampan Sprint dan Slalom di Sungai Kalimas sisi Taman Prestasi. Rencananya, acara ini akan diikuti oleh 60 tim dari Kota Surabaya,” katanya.

 Di samping itu, acara yang sangat ditunggu-tunggu ketika HJKS adalah Surabaya Vaganza. Tahun ini, parade budaya dan pawai bunga itu akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan sampai Alun-Alun Surabaya pada 28 Mei 2022, tepat pukul 15.00 WIB sampai selesai.

Rencananya, acara ini akan diikuti oleh sekitar 25 mobil hias dan rangkaian pawai budaya oleh komunitas dan Fashion Carnival yang nantinya akan melibatkan UMKM di Jalan Genteng Besar dan Tanjung Anom.

“Selanjutnya, pada 29 Mei 2022 akan ada istighosah bersama di Tugu Pahlawan, dan pada 31 Mei 2022 akan ada ruwatan dan pagelaran wayang. Rencananya, juga ada serangkaian Muhibah Jaluar rempah pada 29-31 Mei 2022,” ujarnya.

Acara yang tak kalah menariknya adalah turnamen sepak bola Piala Wali Kota Surabaya pada 1–11 Juni 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Tomo. Event yang digelar oleh pemkot bersama Assosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur ini akan diikuti oleh 4 tim besar Liga 1 Indonesia, yaitu Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persis Solo, dan PSIS Semarang.

“Event penutup HJKS tahun ini adalah Kejuaraan Nasional Skateboard Piala Wali Kota Surabaya. Event yang akan digelar pada 4-5 Juni 2022 ini akan diselenggarakan di parkir timur Delta Surabaya atau Taman Skate & BMX Park. Event yang bekerjasama dengan Komunitas Induk Skateboard (KIS) Kota Surabaya atau KORMI Kota Surabaya ini ditargetkan akan diikuti oleh sekitar 200 peserta,” katanya.

Oleh karena itu, Wiwiek mengajak kepada warga Surabaya dan warga luar Surabaya untuk bersama-sama memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke 729 ini. Namun, ia juga tetap mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti berbagai acara ini. “Jangan sampai ketinggalan eventnya, dan jangan sampai ketinggalan prokesnya,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan bahwa berbagai event yang digelar pada HJKS tahun ini akan segera dipatenkan. Harapannya, semua orang akan mengenang dan tahu bahwa dalam setiap Hari Jadi Kota Surabaya, akan selalu ada event-event tersebut.

“Nanti kita patenkan, sehingga orang akan mengenang kalau ulang tahun Surabaya, pasti akan ada kegiatan ini, sehingga akan menjadi tempat wisata baru di Kota Surabaya,” tegasnya.

Ia juga mengaku bahwa dalam semarak HJKS kali ini banyak ditambahkan lomba olahraga. Sebab, selama beberapa tahun ini pikiran masyarakat sudah banyak dipenuhi dengan pikiran Covid-19. “Jadi, inilah saatnya memunculkan jiwa yang sehat dan sportivitas yang tinggi, sehingga di dalam pikiran kita tidak hanya Covid-19, tapi ayo olahraga. Insyallah dengan olahraga, maka semua penyakit bisa kita hindarkan,” ujarnya.

Di samping itu, dengan banyaknya kegiatan olahraga ini, maka pemkot juga akan mencari talenta-talenta terpendam dari semua bidang olahraga. Sebab, diakui atau tidak Kota Surabaya merupakan penyumbang atlet terbanyak di Indonesia.

“Makanya, kita harus tingkatkan talenta ini menjadi atlet yang profesional, yang dapat membuat bangga Kota Surabaya,” ucapnya. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • Wayang Kulit Jadi Hiburan Event Selancar Paling Bergengsi Dunia WSL di Banyuwangi 
    Wayang Kulit Jadi Hiburan Event Selancar Paling Bergengsi Dunia WSL di Banyuwangi 
    28/05/2022 - 23:08
  • GP Ansor dan Fatayat NU Kabupaten Malang Kolaborasi Gelar Harlah
    GP Ansor dan Fatayat NU Kabupaten Malang Kolaborasi Gelar Harlah
    28/05/2022 - 22:54
  • Konferensi Cabang GP Ansor Banyuwangi Tahun 2020 Lalu Cacat Administrasi?
    Konferensi Cabang GP Ansor Banyuwangi Tahun 2020 Lalu Cacat Administrasi?
    28/05/2022 - 22:48
  • Warna-Warni Mobil Hias Surabaya Vaganza 2022 Sihir Masyarakat
    Warna-Warni Mobil Hias Surabaya Vaganza 2022 Sihir Masyarakat
    28/05/2022 - 22:42
  • Presiden Jokowi Akan Resmikan Situ Bagendit, Disparbud Garut Minta Lakukan Pemetaan
    Presiden Jokowi Akan Resmikan Situ Bagendit, Disparbud Garut Minta Lakukan Pemetaan
    28/05/2022 - 22:28

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains
    Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains
    28/05/2022 - 10:28
  • “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    27/05/2022 - 17:45
  • The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    27/05/2022 - 15:23
  • Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    24/05/2022 - 16:57
  • Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    24/05/2022 - 02:00
  • Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    24/05/2022 - 01:44
  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02

KULINER

  • Kota Bandung Dinobatkan Jadi Kota Makanan Tradisional Terbaik di Asia
    Kota Bandung Dinobatkan Jadi Kota Makanan Tradisional Terbaik di Asia
    28/05/2022 - 18:34
  • Naengmyeon Mi Dingin Khas Korea yang Unik, Ada Es Batunya!
    Naengmyeon Mi Dingin Khas Korea yang Unik, Ada Es Batunya!
    28/05/2022 - 16:35
  • 5 Makanan Khas yang Sering Dibawa JCH Indonesia, Termasuk Rendang 
    5 Makanan Khas yang Sering Dibawa JCH Indonesia, Termasuk Rendang 
    28/05/2022 - 13:40
  • Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    28/05/2022 - 05:15
  • Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    27/05/2022 - 01:33