Politik Bursa Capres 2024

Pilpres 2024 Masih Dua Tahun Lagi, Tiga Partai Ini Sudah Membentuk Koalisi 

Jumat, 13 Mei 2022 - 13:47 | 48.12k
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso (FOTO: Instagram/Zulkifli Hasan)
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso (FOTO: Instagram/Zulkifli Hasan)
FOKUS

Bursa Capres 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily membenarkan bahwa partai Golkar, PPP dan PAN sepakat membentuk koalisi menuju Pilpres 2024. Koalisi tiga partai tersebut diberi nama Koalisi Indonesia Bersatu.

Menurut Ace, koalisi itu sudah disepakati oleh Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso. Mereka bertemu dan mendiskusikan kelangsungan koalisi tersebut.

Ace menambahkan, terbentuknya koalisi tiga partai ini menunjukkan keseriusan mereka, untuk mempersiapkan kontestasi politik santun dan adem pada tahun 2024. Selanjutnya, koalisi itu akan saling memberikan kontribusi gagasan menjelang Pemilu 2024.

"Komitmen kerja sama 3 partai politik, yaitu Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam pertemuan tanggal 12 Mei 2022, merupakan langkah awal bagi terbangunnya koalisi bersama partai politik menjelang Pemilu 2024," kata Ace di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Ace yang merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menilai dua pilpres terakhir pada pemilu sebelumnya menyisakan adanya pembelahan sosial dari masing-masing pendukung. Hal itu, katanya, tidak boleh dialami lagi saat Pemilu 2024 nanti.

"Dua pilpres terakhir menyisakan trauma yang mendalam. Pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai. Semaraknya politik identitas mewarnai lanskap politik kita," lanjut Ace.

Lebih lanjut dia mengatakan, tiga partai yang saat ini berkoalisi Komitmen ingin mewujudkan  ekosistem politik yang mendidik, dan jauh dari kecurangan. Mereka akan menghadirkan narasi yang sejuk di tengah masyarakat. 

"Tiga partai yang berkumpul sepakat bahwa dalam Pemilu 2024 nanti kita tidak boleh mengalami atau terjebak pada hal yang sama. Kami ingin pemilu menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record, dan prestasi," pungkas Ace Hasan Syadzily. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES