Ekonomi

Gelar Balkonjazz PGN Promosikan Produk UMKM Lokal

Jumat, 13 Mei 2022 - 10:03 | 25.04k
Mukiban bersama produk keripik jet koletnya. (FOTO: Humas PT PGN Tbk)
Mukiban bersama produk keripik jet koletnya. (FOTO: Humas PT PGN Tbk)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Gelaran Balkonjazz 2022 diharapkan mampu menggerakan ekonomi warga lokal. Sebagaimana pada pelaksanaan sebelumnya, yang mampu mendongkrak penjualan produk UMKM. Salah satunya keripik Jet Kolet sebagai kuliner khas Desa Karangrejo Borobudur  Magelang Jawa Tengah. 

Kondisi ini diungkapkan Mukiban (39)  yang sudah menggeluti usaha ini selama 15 tahun. Warga dusun Kretek 2 Desa Karangrejo ini mengaku, Balkonjazz yang digelar PT PGN Tbk memiliki andil dalam mempopulerkan camilan yang terbuat dari gethuk ini.

Pada awalnya keripik Jet Kolet hanya dikenal masyarakat lokal. Hadirnya masyarakat dari berbagai kota untuk menyaksikan Balkonjazz. Menjadi media promosi yang sangat efektif. Hingga menjadi semacam camilan wajib bagi pengunjung Balkonjazz. 

Bahkan usai pelaksanaan Balkonjazz keripik Jet Kolet masih dicari wisatawan yang berkunjung ke Balkondes PGN Karangrejo  sebagai buah tangan. Selain menikmati kerenyahannya, wisatawan juga tertarik untuk melihat proses pembuatannya yang unik. 

"Nama keripik jet kolet juga diberikan oleh wisatawan, karena gethuk yang ngolet saat dipejet - pejet," jelas Mukiban.

Menghadapi kembali digelarnya Balkonjazz 2022, Mukiban bersama produsen keripik jet kolet lainnya sudah mempersiapkan diri. Menghadapi meningkatnya pesanan selama pelaksanan pentas musik jazz yang digelar PT PGN Tbk ini. 

Sekretaris PT PGN Tbk Rachmat Hutama berharap, Balkonjazz 2022 dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat, industri wisata dan hiburan. sekaligus mengawali geliat event di masa endemi. Serta mendukung pemerintah dalam mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Kawasan Borobudur.

Dengan tagline The Energy That Heels, Balkonjazz 2022 akan menghadirkan Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani, Coldiac, dan Megantoro. Digelar Sabtu 14 Mei 2022, Promotor juga menghadirkan Pasar Balkon sebagai identitas yang telah melekat dengan Balkonjazz Festival. Pasar ini menjual semua hasil produksi masyarakat lokal. 

"Balkonjazz merupakan bagian dari komitmen ESG di Pertamina Group, untuk mengembangkan ekonomi masyarakat yang mandiri dan ramah lingkungan" jelas Rachmat Hutama melalui rilis tertulisnya Jumat (13/5/2022).

Pengalaman pada Balkonjazz Festival 2019, menunjukkan tren positif. Hampir semua produk yang ditawarkan habis terjual pada hari pelaksanaan. Sehingga

Pasar Balkon mampu menjadi pemantik, dalam mempromosikan potensi ekonomi lokal. Khususnya di sekitar Balkondes PGN Karangrejo dengan menumbuhkan ekonomi warga sekitar. (*)

 

 

 

 

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES