Pemerintahan

Ingin Berfungsi Maksimal, Ridwan Kamil Minta Jalan Tol Socipa Tembus Cidaun

Kamis, 12 Mei 2022 - 22:59 | 51.99k
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat halal bihalal di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Rabu (11/5/2022). (Foto: Iwa/TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat halal bihalal di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Rabu (11/5/2022). (Foto: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap menyetujui rencana pembangunan Jalan Tol Soreang Soreang-Cowodey-Pangalengan (Tol Socipa) di Kabupaten Bandung, asalkan terkoneksi dengan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. 

Gubernur Jabar memahami harus ada konektivitas lain seperti jalan tol yang mengarah ke wilayah tengah selatan Jawa Barat.

"Secara prinsip rencana pembangunan Jalan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan menurut saya sangat baik. Tapi kalau berhenti sampai di situ, manfaat jalan tolnya tidak akan maksimal. Maka saya akan ijinkan kalau Jalan Tol Socipa ini bisa tembus sampai Cidaun Kabupaten Cianjur," ungkap Gubernur saat halal bihalal di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Rabu (11/5/2022).

Manfaat kehadiran jalan tol, imbuh Ridwan Kamil, memang sangat dirasakan dalam rangka meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ridwan menunjuk contoh, sebelum dibangun jalan tol di Jabar selatan, sangat banyak tenaga kerja wanita (TKW) yang kerja ke luar negeri.

"Sejak ada jalan di Jabar Selatan, para ibu-ibu yang tadinya kerja jadi TKW, sekarang mereka bekerja buka warung, buka restoran. Apalagai jalannya merupakan akss menuju obyek wisata. Sampai akhirnya yang tadinya bekerja sebagai TKW 70 persen, jadi turun sampai 30 persen," ungkap Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Menanggapi pernyataan Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Supriatna menandaskan pihaknya akan terus melaksanakan rencana pembangunan jalan Tol Socipa, sehingga akan ditambah dengan melintasi Cidaun.

"Kami akan tetap berjalan untuk rencana pembangunan Jalan Tol Socipa ini, nanti kami akan berkoordinasi dengan Kabupaten Cianjur difasilitasi pemerintah pusat melalui Kementerian PUTR," kata bupati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES