Politik

Survei ARCI, Gerindra Unggul Tiga Besar di Jatim

Kamis, 12 Mei 2022 - 22:07 | 39.38k
Grafis hasil survei ARCI terkait parpol pilihan rakyat Jatim, Kamis (12/5/2022).(Dok.ARCI)
Grafis hasil survei ARCI terkait parpol pilihan rakyat Jatim, Kamis (12/5/2022).(Dok.ARCI)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPartai Gerindra semakin mengepakkan sayap di seluruh daerah. Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terbaru, partai berlambang Garuda ini berhasil mencengkeram urutan tiga besar di Jawa Timur (Jatim). 

Direktur ARCI Baihaki Siratj memaparkan bahwa secara keseluruhan Gerindra mengumpulkan poin 14,9%. Berada pada urutan ketiga setelah PKB (19,9%) dan PDIP (16, 2%).

"Komposisi tiga besar partai di Jatim tidak akan jauh dari PDIP, Gerindra dan PKB," kata  Baihaki di Surabaya, Kamis (12/5/2022). 

Misal daerah pemilihan terbesar meliputi Jatim 1 (Surabaya dan Sidoarjo). Dengan urutan partai pilihan PDIP (20,6%), PKB (17, 3%), Gerindra (15, 2%), Golkar (10,9%) dan NasDem (4,8%). 

Kemudian Jatim 2 (Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan Kabt Probolinggo), Gerindra menjadi partai pilihan runner up (17,1%). Angka tersebut di bawah PKB (20,2%) dan mengungguli PDIP (12,8%). 

Posisi partai tiga besar pilihan masyarakat juga kembali jatuh pada Gerindra di Wilayah Jatim 3 (Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi) serta Jatim 4 (Jember dan Lumajang). Menurut Baihaki, Gerindra memang moncer di Kawasan Tapal Kuda tersebut. 

"Gerindra banyak menguasai di Tapal Kuda. Di Mataraman jauh dengan PDIP. Sehingga persaingan Gerindra dengan PKB di Tapal Kuda ini makin sengit," jelas Baihaki. 

Bahkan, lanjut dia, di Dapil 4 (Jember dan Lumajang) Gerindra melompat jauh meninggalkan PKB dengan perolehan angka 17,8%.

Sementara itu, Gerindra juga berlari kencang di Wilayah Jatim 11 (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep). Gerindra meraih pilihan 13,5%. Jumlah ini terpaut tipis dengan PKB (13,9%). Hanya beda 0,4% saja. 

"Jatim 11 PKB dan Gerindra bersaing ketat," tandas dia terkait hasil survei ARCI tersebut.

Diketahui, populasi survei ini adalah seluruh warga Jatim yang sudah mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum dan telah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. 

Survei menggunakan metode rendom (multistage random sampling) 1200 responden. Dengan margin of eror sebesar kurang lebih 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Waktu wawancara lapangan pada 11-25 April 2022.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES