Peristiwa Daerah

Penuhi Perairan Probolinggo, Ubur-Ubur Ternyata Kaya Potensi dan Manfaat

Jumat, 13 Mei 2022 - 02:29 | 141.16k
Ubur-ubur atau Jelly Fish di Perairan Probolinggo. (Foto: Sri Hartini/ TIMES Indonesia)
Ubur-ubur atau Jelly Fish di Perairan Probolinggo. (Foto: Sri Hartini/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Jutaan ubur-ubur kembali memenuhi perairan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan dan Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Keberadaan ubur-ubur di wilayah perairan Probolinggo sejak sepekan terakhir meresahkan pengunjung dan nelayan setempat. 

Namun tidak banyak yang tahu, bahwa ubur-ubur juga memiliki manfaat. Karenanya, tak sedikit warga yang mencarinya, dan diekspor ke luar negeri. 

Dengan luas perairan sekitar 5,8 juta kilometer persegi, dan garis pantai sepanjang 81.000 kilometer, Indonesia dapat menghasilkan komoditas ubur-ubur sebanyak 500 ton/bulan.  

Hewan lunak ini, mempunyai sengat. Mungkin karena sengat inilah hewan laut ini dianggap berbahaya bagi manusia. 

Namun terlepas dari pandangan negatif tentang hewan laut yang tidak bertulang ini, tiak banyak orang tau kalau sebenarnya ubur-ubur mempunyai potensi dan dan manfaat bagi lingkungan dan manusia. 

Dikutip dari Webinar Pusat Penelitian Oseanografi-6 yang dibawakan Oksto Ridho Sianturi, berikut sejumlah manfaat ubur-ubur. File dapat diunduh di kkp.go.id. 

1. Ubur-ubur digunakan sebagai bahan makanan

Cina sejak 300 Masehi menggunakan ubur-ubur sebagai bahan makan. Ubur-ubur dipercaya mempunyai nilai pengobatan, yakni untuk sakit radang sendi, hipertensi, sakit punggung dan bisul. Juga berkhasiat melembutkan kulit dan memperlancar pencernaan. 

2. Mengandung Colagen

Di bidang sains, ubur-ubur mengandung colagen untuk digunakan sebagai studi kanker ovarium. Colagen yag terkandung dalam ubur-ubur juga digunakan sebagai aplikasi hemostatik, Green Fluorescent Protein (GFP), dan Transdifferentiation (Immortal jellyfish). 

Ubur-Ubur-22bc8cd038cfda529.jpg

3. Bahan pembuatan pupuk

Di bidang agriculture, ubur-ubur bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan pupuk, insetisida dan pupuk. 

4. Deteksi polusi

Di bidang lingkungan, kandungan yang ada di ubur-ubur digunakan sebagai alat deteksi polusi lingkungan. 

5. Sebagai antioksidan

Di bidang kesehatan, ubur-ubur juga bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan, anti microbiotics, bioactive compounds dan juga kolagen. 

Di luar potensi dan pemanfaatan tersebut, ubur-ubur juga digunakan pemancing sebagai umpan. Ubur-ubur juga bisa digunakan sebagai bahan material yakni sebagai tambahan semen dan penyaring nanopartikel. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES