Peristiwa Internasional

Rabithah 'Alam Islami Siap Dukung Agenda Internasional NU

Kamis, 12 Mei 2022 - 15:40 | 95.54k
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf bersama Sekjen Rabithah 'Alam Islami Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf bersama Sekjen Rabithah 'Alam Islami Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa

TIMESINDONESIA, RIYADH – Sekretaris Jenderal Rabithah ‘Alam Islami (Liga Muslim Dunia), Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa menegaskan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) ikut memegang hak milik atas Rabithah, karena Rabithah dimaksudkan sebagai milik seluruh Dunia Islam. Oleh sebab itu, Rabithah siap mendukung dan membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan NU dalam pelaksanaan agenda-agenda internasionalnya.

“Nahdlatul Ulama adalah organisasi yang pantas menjadi teladan bagi organisasi-organisasi Islam lainnya di seluruh Dunia”, katanya.

Hal itu ia sampaikan dalam kesempatan pertemuan pribadi bersama Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf seusai penutupan “Forum tentang Nilai-nilai Bersama di Antara Para Pengikut Agama” di Riyadh, Rabu (11/5/2022) malam waktu setempat.

Di pihak lain, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, mengakui bahwa agenda apa pun menyangkut dunia Islam akan sulit berjalan dengan baik apabila tidak melibatkan Kerajaan Saudi Arabia, mengingat bahwa kerajaan itu memegang kedaulatan atas dua tempat suci, pusat peribadatan umat Islam di seluruh dunia. 

Oleh sebab itu, lanjutnya, dengan tekad NU untuk meningkatkan  keterlibatannya dalam aktivisme internasional, kerjasama dengan Kerajaan Arab Saudi dan Rabithah ‘Alam Islami mutlak diperlukan. Syaikh Al Issa menyambut ajakan kerja sama itu dengan bersemangat karena yakin bahwa semua agenda NU dimaksudkan sebagai ikhtiar untuk membangun dan menebarkan kemaslahatan.

“Saya sudah berkeliling ke seluruh dunia dan bertemu banyak orang. Tidak pernah saya mendengar pembicaraan tentang NU dan Anda pribadi (menunjuk Ketua Umum PBNU), kecuali hal-hal baik dan pujian saja," Al Issa menegaskan.

Kedua pihak bersepakat untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam langkah-langkah strategis menghadapi dinamika internasional yang rumit dewasa ini. 

“Apa pun bentuk dukungan yang Anda butuhkan dalam upaya-upaya internasional Anda, jangan segan-segan menghubungi kami. Karena Rabithah ‘Alam Islami ini adalah milik Nahdlatul Ulama juga," tandas Al Issa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imam Kusnin Ahmad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES