Peristiwa Daerah

Jembatan Tunggulmas Kota Malang Kembali Dibuka, Sementara atau Permanen?

Kamis, 12 Mei 2022 - 15:08 | 36.84k
Suasana pintu masuk Jembatan Tunggulmas yang sudah dibuka, Kamis (12/5/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Suasana pintu masuk Jembatan Tunggulmas yang sudah dibuka, Kamis (12/5/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGJembatan Tunggulmas, penghubung antara Tunggulwulung dan Tlogomas Kota Malang secara resmi kembali dibuka pada Kamis (12/5/2022) siang tadi.

Plang yang sempat menutup rapat akses masuk jembatan tersebut yang telah terpasang sejak sebelum Lebaran 2022 lalu, kini sudah disingkirkan.

Sekitar pukul 12.00 WIB tadi, mulai dari Kadishub Provinsi Jatim, Kadishub Kota Malang hingga Kasatlantas Polresta Malang ikut hadir dalam pengecekan pembukaan kembali jembatan tersebut.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Khrisna menjelaskan bahwa pembukaan jembatan tersebut dilakukan atas saran ataupun permintaan secara langsung dari Kadishub Kota Malang.

Sebab, sebenarnya Satlantas Polresta Malang Kota memiliki beberapa point catatan atas dibukanya kembali jembatan Tunggulmas.

Salah satunya, tentu Andalalin yang belum dipersiapkan secara matang akan tetapi jembatan tersebut telah diresmikan. Oleh karena itu, berbagai kekurangan dari rambu hingga pengaturan kendaraan pun menjadikan jembatan tersebut biang kemacetan baru di Kota Malang.

Jembatan-Tunggulmas-a.jpg

"Saya tanya (ke Kadishub Kota Malang), kan butuh rambu-rambu ini. Selama belum terpenuhi dibuka atau tutup? Katanya dibuka saja," ujar Khrisna, Kamis (12/5/2022).

Sebenarnya, penutupan jembatan yang dilakukan sejak sebelum lebaran 2022 lalu memunculkan berbagai polemik apakah jembatan akan ditutup secara permanent atau bakal dibuka kembali.

Sebab, masih banyaknya kekurangan yang harus dipenuhi guna membuka akses secara sempurna jembatan Tunggulmas yang diyakini sebagai pengurai kemacetan di wilayah Tlogomas.

Apalagi, jika dilihat secara utuh, sebenarnya jalan di wilayah Tlogomas dinilai kurang lebar untuk akses keluar masuk kendaraan dari jembatan Tunggulmas. Hal itu yang menjadi point penting bahwa kemacetan dinilai semakin parah setelah adanya jembatan tersebut.

Akhirnya, dalam pemantauan pembukaan kembali jembatan Tunggulmas, beberapa saran pun diutarakan, seperti pemasangan waterbarier sepanjang 200 meter untuk wilayah jalan Tlogomas.

Kemudian juga harus bisa menghindari crossing dengan pemasangan waterbarier tersebut hingga segera dipasangnya seluruh rambu yang dikoordinasikan dengan Dishub Provinsi Jatim.

"Jadi saran beliau tadi (Kadishub) katanya memberi penjelasan rambu-rambu lalu lintas yang dibutuhkan, lalu juga saran satu arah (masuk dari Tlogomas ke Tunggulwulung)," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono menyebutkan bahwa pembukaan tersebut dilakukan selama satu pekan saja guna melakukan monitoring.

Artinya, dibukanya kembali jembatan Tunggulmas ini bisa jadi hanya sementara dan tak menutup kemungkinan akses kembali ditutup sebelum segala keperluan mulai Andalalin hingga rambu lalu lintas terselesaikan. "Seminggu (dibukanya jembatan Tunggulmas), dimonitoring," tandasnya.

Sebagai informasi, keputusan monitoring selama sepekan pembukaan kembali Jembatan Tunggulmas ini juga menunggu hasil dari forum lalu lintas Kota Malang yang membahas khusus tentang skema arus jembatan tersebut yang kemungkinan dilakukan pada pekan depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES