Peristiwa Internasional

Ribuan Warga Palestina Menyambut Jenazah Jurnalis Shireen Abu Akleh

Kamis, 12 Mei 2022 - 08:33 | 41.72k
Warga Palestina membawa mayat jurnalis Al Jazeera yang terbunuh Shireen Abu Akleh di kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki. (FOTO: AP Photo/Majdi Mohammed)
Warga Palestina membawa mayat jurnalis Al Jazeera yang terbunuh Shireen Abu Akleh di kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki. (FOTO: AP Photo/Majdi Mohammed)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan orang berkumpul di kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki untuk menghormati jurnalis senior Al Jazeera, Shireen Abu Akleh saat jenazahnya tiba dengan ambulans dari Nablus.

Teman, kolega, dan anggota keluarga Abu Akleh berkumpul di depan kantor Al Jazeera saat jenazahnya tiba.

Nida Ibrahim dari Al Jazeera, melaporkan dari Ramallah, mengatakan: "Kami  melihat tubuh dibawa keluar dari ambulans, untuk masuk ke sini di ruangan kecil ini, lantai dasar kantor Al Jazeera," katanya.

"Kami mengharapkan rekan-rekannya, teman, keluarga, orang-orang terkasih, untuk mengucapkan selamat tinggal padanya," kata Ibrahim, menambahkan bahwa itu adalah "situasi yang sangat sulit".

"Kami juga mendengar orang banyak meneriakkan slogan-slogan yang menentang, mengatakan 'kami akan berjuang untuk Shireen'."

Shireen Abu Akleh dibunuh tentara Israel dengan cara ditembak di bagian wajahnya oleh penembak jitu, saat meliput pendudukan di kamp Jenin, Tepi Barat.

Al Jazeera, dalam sebuah pernyataan, mengatakan Abu Akleh "dibunuh dengan darah dingin" dan meminta masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban pasukan Israel.

Duta besar Palestina untuk Inggris, Husam Zomlot mengatakan, Israel ingin 'membunuh kebenaran' dan jurnalisme.

"Dia (Abu Akleh) bukan yang pertama, dan sayangnya mungkin bukan jurnalis Palestina terakhir yang dibunuh, dibunuh oleh pendudukan Israel," kata Zomlot kepada Al Jazeera.

"Ini tidak hanya membunuh tubuh Shireen, tapi juga membunuh semangat Shireen, pesan Shireen, ide Shireen, itu membunuh kebenaran," tegasnya.

Pelanggaran Berat Konvensi Jenewa

Christophe Deloire, Sekretaris Jenderal dan Direktur Jenderal Reporters Without Borders (RSF), menulis di Twitter bahwa pembunuhan Abu Akleh “merupakan pelanggaran berat terhadap Konvensi Jenewa yang mengamanatkan perlindungan warga sipil, dan resolusi Dewan Keamanan PBB 2222 tentang perlindungan wartawan”.

“RSF kecewa dengan usulan Menteri Luar Negeri Israel @yairlapid bahwa negaranya mengambil bagian dalam penyelidikan bersama atas kematian jurnalis: penyelidikan internasional independen harus diluncurkan,” kata Deloire.

Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan pihaknya "terkejut" atas pembunuhan Abu Akleh dan menuntut penyelidikan yang transparan atas kematiannya.

"Kami terkejut dengan pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh saat meliput operasi militer Israel di Jenin, Palestina," kata kantor kepala hak asasi manusia PBB Michelle Bachelet di Twitter.

Ia  menambahkan: "Kami mendesak penyelidikan independen dan transparan atas pembunuhannya. Impunitas harus diakhiri," tulisnya.

Anggota Kongres Demokrat Rashida Tlaib telah mengajak mengheningkan cipta untuk Shireen Abu Akleh saat di DPR Amerika Serikat

“Orang-orang terbangun dengan pembunuhan Shireen Abu Akleh, dan saya ingin mengheningkan cipta saat kami mendengar berita mengejutkan dari jurnalis ini selama lebih dari 20 tahun. Seorang Palestina-Amerika, terbunuh," katanya sambil melawan air mata saat menangani rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES