Peristiwa Daerah

Perpanjang Kerja Sama dengan Batu Night Spectakuler

Rabu, 11 Mei 2022 - 22:37 | 73.00k
Pemerintah Desa Oro Oro Ombo berencana memperpanjang kerja sama dengan BNS. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Pemerintah Desa Oro Oro Ombo berencana memperpanjang kerja sama dengan BNS. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Pemerintah Desa Oro Oro Ombo berencana untuk memperpanjang lagi kerja sama penggunaan tanah kas desa untuk obyek wisata Batu Night Spectakuler (BNS). Kerja sama dengan investor ini dinilai menguntungkan dan menyejahterakan warga desa.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Desa Oro-Oro Ombo, Wiweko. Kerja sama ini membuat Desa Oro Oro Ombo yang sebelumnya masuk desa tertinggal, menjadi desa yang makmur.

Bahkan mengantarkan Desa Oro Oro Ombo ini menjadi desa peraih Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi tingkat nasional tahun 2021 lalu.

Desa-Oro-Oro-Ombo-B.jpg

"Kerja sama dengan BNS berakhir pada tahun 2024, nanti rencananya akan kita perpanjang karena kerja sama ini menguntungkan dan menyejahterakan warga Desa Oro Oro Ombo,” kata Wiweko yang memimpin desa ini sejak tahun 2007.

Bukan hanya dilihat dari sisi penyerapan tenaga kerja dari obyek wisata malam BNS ini hingga 60 persen, namun juga dari sisi perolehan pendapatan asli desa. Sebelum pandemic atau tepatnya tahun 2019, menurut Wiweko pendapatan asli desa dari BNS bisa mencapai Rp 250 juta pertahun.

Pendapatan ini didapatkan dari sharing pendapatan hingga pendapatan langsung yang didapatkan desa dari keberadaan BNS. “Pendapatan langsung contohnya seperti pengelolaan parkir,” ujar Wiweko.

Desa-Oro-Oro-Ombo-C.jpg

Disisi lain, keberadaan BNS ini juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Oro-Oro Ombo, karena keberadaan BNS ini membuat kebutuhan akan homestay di desa ini meningkat. Sehingga masyarakat berbondong-bondong mendirikan homestay.

Kerja sama ini mulai dibuat pada bulan Mei tahun 2008. Obyek wisata ini didirikan pada Tanah Kas Desa Oro-Oro Ombo seluas 33.900 meter persegi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES