Peristiwa Daerah

Mas Ji Ungkap Rahasia Energi Baru Usai Lebaran di Kampung Halaman

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:56 | 43.51k
Mas Ji (kiri) dalam sebuah acara silaturahmi Idul Fitri.(Dok.Pribadi)
Mas Ji (kiri) dalam sebuah acara silaturahmi Idul Fitri.(Dok.Pribadi)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Hari Raya Idul Fitri merupakan momen spesial bagi Umat Islam di seluruh dunia. Tak terkecuali Founder Ruang Wong Alit (RAWIT) Surabaya, Kartuji atau akrab disapa Mas Ji.

Pria ini menuturkan, Idul Fitri bermakna kemenangan bagi setiap umat Islam yang telah berjuang selama sebulan penuh dalam bentuk berpuasa Ramadan. 

Karena di dalam ibadah puasa Ramadan, ada hal yang sangat luar biasa. Umat Islam dituntut untuk bisa mengendalikan hawa nafsu secara lahir dan batin dan menahan untuk tidak makan dan minum di siang hari. 

Sehingga setiap muslim bisa merasakan bagaimana lapar dan hausnya saudara-saudara kita yang serba kekurangan, tidak bisa makan dan minum dengan layak.

Dan tentunya hikmah dari Hari Raya Idul Fitri adalah kita bisa berkumpul dengan keluarga, sanak saudara, tetangga, dan rekan-rekan yang mungkin dalam hari biasa jarang sekali bertemu.  Sehingga di momen lebaran ini kita jadi mengetahui bagaimana kabar dan keadaan keluarga dan para kerabat jauh kita.

Lantas, motivasi apa yang terkandung di dalam lebaran? 

Momen lebaran mungkin mempunyai arti dan makna yang berbeda-beda pada setiap orang.  Namun bagi Mas Ji, lebaran selalu memberikan arti dan motivasi yang sangat berarti dalam menjalani kehidupan di waktu-waktu ke depan setelah lebaran selesai. 

"Saya ingat betul, mulai ketika masih remaja, dalam setiap edisi mudik ke kampung halaman saya di Ponorogo, saya selalu antusias untuk mengunjungi sanak family dan tetangga di kampung," ungkap pria kelahiran Ponorogo ini membuka kisah, Rabu (11/5/2022). 

Rasa antusias tersebut, tambahnya, karena ia sangat ingin mengetahui bagaimana kabar dan kondisi para kerabat di kampung. Energi itu kemudian terbawa hingga saat ia harus kembali ke Surabaya. 

"Selalu ada motivasi, semangat, dan harapan yang luar biasa besar yang tertanam di hati saya untuk bisa meraih sukses dalam karier dan pekerjaan," ucapnya. 

Dengan harapan ketika sukses, Mas Ji bisa lebih banyak membantu sesama, khususnya para kerabat di kampung halaman.

"Dan motivasi inilah yang sekarang mulai saya tularkan kepada para karyawan dan pekerja di Artland Property, yaitu perusahaan yang sekarang saya pimpin dan kembangkan," tutur pria murah senyum ini.

Tips Mengelola Uang Lebaran

Bagi Mas Ji dan kebanyakan orang, momen lebaran selalu ada hal menarik yang di tunggu-tunggu. Yaitu bagi-bagi Tunjangan Hari Raya atau THR bagi para pekerja dan uang saku dari para orang tua bagi anak-anak. Ini adalah tradisi yang sudah lazim terjadi dan turun temurun.

Sebagai pebisnis sukses, Mas Ji juga ingin membagikan tips mengelola keuangan.  Apalagi jika berbicara mengenai THR dan saku, berarti berbicara mengenai uang.

Lalu, bagaimana para pekerja dan para orang tua bisa mengelola dan mengarahkan anak-anak agar tepat dan hemat dalam memakai uang yang diperoleh dalam setiap momen lebaran? 

"Jawabnya adalah, sebisa mungkin arahkan para anak-anak untuk menabungkan uang yang diperoleh. Dalam hal ini tetap diperbolehkan anak-anak memakai uang dengan membeli hal-hal yang disuka, tapi ingat, menabung adalah salah satu kunci sukses di masa depan," jelas dia. 

Bagi anak-anak, Mas Ji menyarankan agar menggunakan uang yang mereka peroleh dalam momen lebaran untuk hal-hal yang bersifat positif, misal untuk kepentingan sekolah. Jangan dihabiskan untuk hal yang kurang bermanfaat.

Sementara bagi para pekerja milenial, belanjakan uang THR untuk membeli barang atau hal-hal yang bersifat membantu produktivitas. Misal menambah modal usaha, membeli buku-buku pengetahuan, membeli barang-barang bisa diperjual belikan lagi, sehingga uang akan terus berputar dan makin banyak.

Tetapi yang tidak kalah penting bagi para milenial yang sudah bekerja, Mas Ji menyarankan agar memakai sebagian uang THR mereka untuk diberikan kepada orang tua dan bersedekah kepada yang membutuhkan. 

"Karena hal ini sangat dianjurkan dalam agama Islam dan Insya Allah akan memberi keberkahan dunia dan akhirat kelak," ujar Mas Ji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES