Peristiwa Daerah

Gegara Anaknya Bermain Korek di Kamar, Rumah Warga Bondowoso Alami Kebakaran

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:05 | 35.63k
Tampak asap memenuhi bagian dalam rumah warga Bondowoso yang kebakaran (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Tampak asap memenuhi bagian dalam rumah warga Bondowoso yang kebakaran (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebuah rumah di Kelurahan Nangkaan, Kecamatan/Kabupaten Bondowoso mengalami kebakaran, Rabu (11/5/2022). Tampak asap membumbung tinggi di atap rumah. Beruntung kebakaran di lokasi padat penduduk itu cepat dipadamkan.

Namun petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan saat  melakukan pendinginan, disebabkan asap tak segera keluar karena minim ventilasi. Sehingga petugas membuka sebagian genteng.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Bondowoso, Toha Satriono mengatakan, ia menerima laporan sekitar pukul 10.00 WIB. Menurutnya, kebakaran disebabkan anak kecil yang sedang bermain korek di dalam kamarnya. Akibat sebuah dipan dan kasur terbakar.

Ia menyebut, objek yang terbakar berasal dari bawah dipan yang terbuat dari bambu, sehingga tidak terlalu parah. "Berbeda jika, api langsung berasal dari atas kasur. Kerusakan diperkirakan akan lebih parah," kata dia.

Menurutnya, petugas dari pemadam kebakaran bergerak cepat dan bisa melokalisir. "Karena disini masuk pemukiman padat penduduk," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi menjalarnya api ke rumah warga yang berdempetan, petugas menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat untuk pasokan airnya. 

Hal tersebut membuat proses pemadaman api lebih cepat dilakukan. Bahkan pemadaman hanya dilakukan dalam hitungan menit saja. "Kita gak usah ngisi air kemana-mana," ucapnya.

Ternyata kejadian kebakaran akibat anak bermain korek api merupakan kali kedua. Sebelumnya terjadi Mei 2020 lalu.

Penyebabnya sama yaitu anak tersebut bermain korek di dalam kamar. Di mana yang bersangkutan pernah hampir membakar lingkungan di sekitarnya akibat bermain korek api dalam ruangan. "Di tempat ini juga, tapi rumah yang sebelahnya," imbuh dia.

Lebih lanjut, pihaknya menghimbau kepada seluruh orang tua agar lebih memperhatikan mainan yang diberikan kepada anaknya.

Ia meminta orang tua tidak memberikan barang-barang yang dapat membahayakan bagi anak maupun lingkungan sekitarnya, korek api misalnya. "Korek api itu kan salah satu sumber api yang dapat menyebabkan kebakaran," paparnya usai proses pemadaman kebakaran di Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES