Peristiwa Internasional

Hutan di Rusia Terbakar Delapan Orang Meninggal Dunia

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:12 | 69.47k
Petugas pemadam kebakaran Kementerian Darurat Rusia memadamkan api di daerah perumahan di kota Uyar di Wilayah Krasnoyarsk Rusia. (FOTO: The Moscow Times/TASS)
Petugas pemadam kebakaran Kementerian Darurat Rusia memadamkan api di daerah perumahan di kota Uyar di Wilayah Krasnoyarsk Rusia. (FOTO: The Moscow Times/TASS)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHutan di Krasnoyarsk Siberia, Rusia terbakar. Delapan orang dikabarkan meninggal dunia.

"Kebakaran itu disebabkan adanya hubungan pendek saluran listrik, ditambah rumput yang kering yang mempercepat penyebaran kebakaran di daerah berpenduduk," kata Komite Investigasi cabang Krasnoyarsk.

Dilansir The Moscow Times, tiga karyawan distributor listrik Krasnoyarskenergo, anak perusahaan dari perusahaan tenaga listrik Rosseti Sibir, telah didakwa dengan pembunuhan, menurut penyelidik. Salah satunya ditempatkan di bawah tahanan rumah.

Sekitar 60 pemukiman rusak atau hancur di wilayah Krasnoyarsk minggu lalu oleh kebakaran yang disebabkan oleh angin kencang yang merobohkan saluran listrik kemudian menyulut rumput kering.

Kematian di Krasnoyarsk membuat total korban tewas akibat kebakaran di Rusia tahun ini menjadi setidaknya 13. 

Penyelidik di wilayah Kemerovo mengatakan, pekan lalu mayat tiga orang yang terbakar ditemukan di sebuah bangunan perumahan di distrik Tyazhinsky, dan dua orang lainnya dilaporkan tewas di wilayah Omsk.

Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak pihak berwenang pada hari Selasa untuk mengambil tindakan lebih keras untuk mencegah kebakaran hutan dan meningkatkan koordinasi antara berbagai lembaga resmi dalam menangani mereka.

"Kami tidak bisa membiarkan terulangnya situasi tahun lalu," kata Putin seperti dilaporkan The Associated Press. " Kita perlu memerangi kebakaran dengan cara yang lebih efisien, sistematis, dan konsisten," tambah Putin.

Jumlah kebakaran hutan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan di tengah kurangnya prosedur keselamatan dan meningkatnya suhu global. 

Menurut regulator kehutanan Rusia AviaLesOkhrana, setidaknya 101 kebakaran  berkobar di 12.713 hektar (31.414 hektar) di Rusia pada Selasa pagi, menurut regulator kehutanan Rusia AviaLesOkhrana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES