Peristiwa Nasional

Kemenpora RI Terapkan Paradigma Baru Pembinaan Olahraga

Rabu, 11 Mei 2022 - 11:36 | 62.61k
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat menyampaikan materinya (foto: Dokumen/Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat menyampaikan materinya (foto: Dokumen/Kemenpora)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan bahwa SEA Games 2021 Vietnam sudah memulai menerapkan paradigma baru tentang pembinaan prestasi olahraga Indonesia 

Hal tersebut dikatakan Menpora Amali di acara Dialog stasiun televisi swasta melalui virtual dari Kemenpora, Rabu (11/5/2022) malam, dengan topik Kesiapan Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

"Kita tahu bahwa pada peringatan Haornas ke 37 tahun 2020, Bapak Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional. Kemudian dari situ lahirlah Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang didasari oleh Perpres Nomor 86 tahun 2021," katanya.

"Intinya, bahwa kita harus menetapkan target, Nah, dari DBON target kita adalah Olimpiade sehingga SEA Games dan Asian Games hanya ditempatkan sebagai sasaran antara. Maka yang dikirim juga yang berpeluang mendapatkan medali,' lanjutan Menpora Amali.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, yang menentukan itu ( cabor yang berpeluang meraih medali) bukan dari pihak Kemenpora tapi dari tim review.

"Tim review ini terdiri dari akademisi, praktisi, KONI, KOI dan sebagainya. Mereka yang melakukan seleksi berdasarkan data-data, 
track record, prestasi dan pertimbangan lainya sehingga didapatkan jumlah 499 atlet dari berbagai nomor pertandingan dari berbagai cabor," jelasnya.

Menurutnya, dengan perubahan paradigma baru ini maka Kemenpora berusaha untuk menanamkan pondasi yang kuat buat pembinaan prestasi olahraga Indonesia. "Namun hasilnya belum dapat dilihat sekarang tapi beberapa tahun kemudian baru akan terlihat hasil dari perubahan paradigma tersebut," katanya. 

"Mereka yang sudah dihitung prestasi, track record dan sebagainya oleh tim review, diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka terutama cabor olimpiade bisa punya harapan untuk bisa lolos di kualifikasi Olimpiade yang akan datang," pungkas Menpora RI Zainudin Amali(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES