Peristiwa Nasional

Sebelum ke Washington, Garuda Indonesia Presiden RI Jokowi Transit di Amsterdam

Rabu, 11 Mei 2022 - 08:22 | 56.99k
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) dan rombongan dari Tanah Air, transit di Bandara Internasional Schiphol di Amsterdam, Belanda. (FOTO: Facebook/Presiden Jokowi)
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) dan rombongan dari Tanah Air, transit di Bandara Internasional Schiphol di Amsterdam, Belanda. (FOTO: Facebook/Presiden Jokowi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah 14,5 jam di udara, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) dan rombongan dari tanah air, transit di Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam, Belanda.

"Jika tak ada halangan, pukul 21.30 waktu setempat malam ini, kami akan tiba di Washington DC, bersiap mengikuti KTT Khusus ASEAN-AS esok harinya," katanya dikutip dari laman resmi Instagram Presiden Jokowi, Rabu (11/5/2022).

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Jokowi terbang ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022) kemarin. Kepala Negara akan melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022.

“Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022,” katanya kemarin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Presiden Jokowi antara lain pertemuan dengan anggota Kongres; pertemuan dengan para CEO besar Amerika; pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Presiden Jokowi menyampaikan, saat ini Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Indonesia berharap, KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

“Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera,” ujar Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES