Pendidikan

Pererat Silaturahmi, STKIP PGRI Pacitan Gelar Halal Bihalal

Selasa, 10 Mei 2022 - 19:13 | 44.47k
Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr Mukodi menyampaikan esensi halal bihalal. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr Mukodi menyampaikan esensi halal bihalal. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Sudah menjadi tradisi umat muslim Indonesia memanfaatkan Lebaran tiap tahunnya untuk mempererat tali silaturahmi. Tak terkecuali di STKIP PGRI Pacitan, Jawa Timur.Momen tersebut digunakan untuk berhalal bihalal dan diikuti oleh seluruh civitas akademika. 

Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr Mukodi menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan ajang silaturahmi umat muslim Indonesia di Hari Raya Idul Fitri untuk saling memaafkan satu sama lainnya. 

"Esensi dari halal bihalal adalah saling memaafkan. Semoga kita semua bisa kembali fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya karim," katanya, Selasa (10/5/2022). 

Menurut Mukodi, tradisi halal bihalal sangat bagus untuk dilestarikan karena di dalamya terdapat nilai persaudaraan dan kasih-sayang terhadap sesama meskipun istilah itu belum ada di zaman Nabi Muhammad Saw. 

"Perlu diketahui, halal bihalal ini hanya ada di Indonesia yang mana di dalamnya terdapat beberapa kebaikan yang terus bertambah. Kebaikan itu adalah berkah yang bisa terus kita rasakan," terangnya. 

Selain itu, dirinya juga bersyukur atas perkembangan kampus pendidik dari masa ke masa. Rencananya ke depan akan dibuka pendidikan profesi guru sehingga warga Pacitan tak perlu khawatir untuk kuliah di kampus lain.

STKIP-PGRI-Pacitan.jpgSuasana halal bihalal civitas akademika STKIP PGRI Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia) 

"Alhamdulillah, kami hanya bisa bersyukur atas semua nikmat yang diberikan oleh Allah Swt sehingga STKIP PGRI Pacitan bisa sampai saat ini. Semoga ke depan pendidikan profesi khusus guru baik Pendidikan Paud maupun SD bisa terwujud. Sehingga tak perlu mencari kampus di luar sana. Kampus juga kita lolos program pertukaran mahasiswa di PTN dan PTS seluruh Indonesia," jelas Dr Mukodi. 

Dalam kesempatan itu juga diisi dengan ceramah agama yang berisi nasehat utamanya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi oleh Ustadz Sutrisno dari Ponpes Al-Fatah, Kikil, Arjosari, Pacitan. 

"Kalau lembaga atau kampus ingin mencapai kemajuan, maka semua civitas akademiknya harus bersatu. Caranya dengan mempererat tali silaturahmi seperti halal bihalal saat ini," ujarnya di STKIP PGRI Pacitan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES