Olahraga

Soal SEA Games 2022, Menpora RI: Presiden Hanya Sampaikan Harapan, Bukan Target

Selasa, 10 Mei 2022 - 16:34 | 73.88k
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali (foto: Dokumen/Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali (foto: Dokumen/Kemenpora)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan apa yang disampaikan Presiden RI Jokowisaat Pelepasan Tim Indonesia menuju SEA Games 2021 Vietnam tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta merupakan suatu harapan agar kontingen Indonesia meraih hasil terbaik bukan target.

"Ini saya perlu luruskan sebenarnya itu bukan target," kata Menpora Amali saat mengikuti live di salah satu stasiun televisi swasta secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Menurut Menpora Amali, bukan target yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, sebab berbeda dengan ketika SEA Games ke XXX di Filipina lalu yang langsung menyebut targetnya. "Ketika Indonesia akan mengikuti SEAG Filipina beliau langsung menyebut ini target, tetapi tadi ini harapan. Jadi berbeda target dengan harapan," tambah Menpora Amali.

Apa yang kita tuju di setiap SEA Games lanjutnya, adalah untuk kesiapan anak-anak, atlet-atlet Indonesia untuk bisa lolos kualifikasi di kualifikasi olimpiade yang akan datang.

"Mereka ada tempat untuk mengasah keterampilan mereka, tetapi yang dikirim adalah benar-benar yang sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh tim review. Atlet yang dikirim sudah ada record dan catatan prestasinya terutama di single-single event yang diikuti," ujarnya.

Menpora Amali menyampaikan lagi sebuah prestasi olahraga tidak bisa lagi diciptakan melalui by accident melainkan harus by design. "Hari ini kita belum bisa melihat prestasinya, tetapi beberapa tahun kedepan apa yang kita desain ini akan menghasilkan hasil yang membanggakan," tutur Menpora Amali.

"Dan kita harus siap dengan apa yang akan diraih para atlet kita di SEA Games ini karena saat ini kita sedang membangun fondasi yang kuat untuk pembinaan prestasi olahraga nasional," tegasnya menambahkan.

Pemerintah menyadari saat ini sedang melakukan perubahan besar-besaran tentang perubahan paradigma serta sekaligus merubah yang selama ini ada tentang pengiriman kontingen ke multievent baik SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

"Dari prestasi olahraga yang kita desain ini target kita adalah peringkat dunia di setiap olimpiade. Posisi SEA Games dan Asian Games ini kita tempatkan hanya sebagai sasaran antara untuk persiapan menuju kualifikasi olimpiade. Untuk saat ini yakni harus lolos sebanyak-banyak lolos ke Olimpiade Paris 2024," pungkas Menpora RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES