Peristiwa Nasional

Wisata Religi Makam Gus Dur Tutup Saat Pemakaman Nyai Hj Lily Wahid

Senin, 09 Mei 2022 - 21:56 | 87.08k
Wisata Religi Makam Gus Dur yang terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Wisata Religi Makam Gus Dur yang terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Wisata religi komplek pemakaman Presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur bakal tutup sementara besok, Selasa (10/5/2022).

Penutupan sementara wisata andalan Kabupaten Jombang tersebut menyusul adanya kabar duka yang menyelimuti keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur atas wafatnya Hj. Lily Wahid yang tak lain adalah adik kandung dari Gus Dur.

Kabar penutupan sementara wisata religi itu diungkapkan oleh Mundir Pesantren Tebuireng, Lukman Hakim. "Kita tutup sementara pada saat pemakaman," katanya kepada TIMES Indonesia, Senin (9/5/2022).

Namun, pihaknya menegaskan bahwa penutupan hanya bersifat sementara pada saat prosesi pemakaman saja. Setelah itu dibuka kembali seperti biasanya.

"Tetap di buka, kecuali mau pemakaman baru sebentar kita tutup," tegasnya.

Seperti yang diketahui, wisata religi komplek makam Gus Dur tak pernah sepi dari pengunjung. Masyarakat dari luar daerah Jombang juga selalu berdatangan setiap hari. Bahkan setiap harinya peziarah makam Gus Dur bisa mencapai seribuan lebih orang.

Apalagi kalau sebelumnya, wisata religi Makam Gus Dur hanya dibuka pada siang hari antara pukul 08.00 - 13.30 saja. Kini para peziarah bisa mengunjunginya dimalam hari juga.

Kabar gembira itu ditegaskan dalam maklumat yang tertuang dalam surat edaran dengan nomor : 1825/I/HM 00 01/PENG/IV/2022 dari Pengasuh Pesantren Tebuireng tertanggal Sabtu (23/4/2022) kemarin.

“Melalui maklumat ini, kami informasikan kepada masyarakat umum bahwa Makam Masyayikh Pesantren Tebuireng akan dibuka 2 (dua) shift mulai hari Sabtu, 23 April 2022,” tulis isi maklumat yang ditandatangani oleh KH Abdul Hakim Mahfudz pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES