Politik

PSI Temukan Sejumlah Kejanggalan di Pengadaan Gorden Mewah DPR RI

Senin, 09 Mei 2022 - 18:25 | 41.31k
Gedung DPR RI (Foto: dpr.go.id)
Gedung DPR RI (Foto: dpr.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyesalkan pengadaan gorden mewah di perumahan DPR RI Kalibata berlanjut.

"Benar-benar tidak mempan dikritik, padahal akhir Maret lalu masyarakat sudah heboh mengkritik perihal gorden mewah ini, DPR tetap saja bergeming," kata Furqan AMC, Juru Bicara DPP PSI dalam keterangan tertulis Senin (9/5/2022).

PSI juga menemukan sejumlah kejanggalan pada pengadaan gorden mewah ini. Pertama, harganya sangat fantastis, jauh lebih tinggi dari harga pasar. "Ketika kami survei ke pasar, dengan harga belasan juta saja sudah bisa dapat gorden yang bagus," ujarnya.

Kedua, seharusnya penggantian gorden itu  bisa dilakukan masing-masing anggota dewan, apalagi tidak semua rumah dinas digunakan oleh dewan. Proyek penggantian gorden ini terkesan seperti dipaksakan.

Ketiga, dilihat dari situs LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) DPR RI, pemenang tendernya malah yang memberikan penawaran tertinggi yaitu Rp 43,5 M dan tak ada keterangan spesifikasinya. "Logikanya kan tender itu mencari yang termurah," imbuhnya.

Keempat, profil PT. Bertiga Mitra Solusi sebagai pemenang tender adalah perusahaan IT, tapi kok bisa menang tender pengadaan gorden. Kelima, ketika ditelusuri website PT. Bertiga Mitra Solusi domainnya baru teregistrasi 25 Maret 2022. "Itu pun cuma untuk satu tahun. Terkesan sangat dadakan menjelang tender," tegasnya.

PSI mengingatkan DPR RI agar lebih mempertimbangkan skala prioritas, lebih selektif dan lebih sensisitif dalam mengalokasikan anggaran.

Akhir bulan Maret lalu, Setjen DPR Indra Iskandar menjelaskan ke media, ada 505 rumah dinas DPR yang akan diperbarui gordennya dengan anggaran per rumah rata-rata 80 jutaan, dengan pajak sekitar 90 juta rupiah.

Diketahui dari keterangan yang tertera dalam situs LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) DPR RI tender 'Penggantian Gordyn dan Blind DPR RI Kalibata' dengan kode tender 732087 tersebut dimenangkan oleh  PT. Bertiga Mitra Solusi dengan penawaran Rp 43,5 miliar. PSI pun menyesalkan hal itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES