Pemerintahan

Anies Baswedan Dapat Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou

Senin, 09 Mei 2022 - 13:27 | 62.10k
Anies menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou atau Tuan Penata Negara dari Federasi Adat Marga Empat Tulang Bawang Barat. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Anies menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou atau Tuan Penata Negara dari Federasi Adat Marga Empat Tulang Bawang Barat. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou atau Tuan Penata Negara dari Federasi Adat Marga Empat Tulang Bawang Barat.

"Tulang Bawang Barat adalah daerah yang spesial bagi kami," kata Anies Baswedan dalam keterangan tertulis Senin (9/5/2022).

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengatakan, ia masih ingat pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tubaba, 11 November 2010 silam.

Anies-Baswedan-b.jpg

"Kami mengantarkan beberapa anak muda, sarjana-sarjana terbaik yang bersedia menjadi pengajar di tempat-tempat yang penuh dengan tantangan. Gerakan yang kita sebut Indonesia Mengajar," jelasnya.

Kata Anies, Tubaba adalah satu dari sedikit kabupaten yang menyatakan bersedia menerima angkatan pertama Indonesia Mengajar.

"Kami bersyukur sekali atas sambutan warga Tubaba yang terbuka untuk kemajuan pendidikan, termasuk Pak Umar Ahmad yang saat itu masih wakil bupati. Pada waktu itu Tulang Bawang Barat adalah kabupaten baru hasil pemekaran. Ketika tiba di desa penempatan, mobil sulit bergerak karena jalan berlumpur berat," katanya.

Lalu, pada 2015 Anies sempat kembali ke Tubaba, ketika Indonesia Mengajar di Tubaba tuntas pada 2015. Kata dia, program ini memang dirancang untuk lima tahun saja agar selanjutnya masyarakat di sini tumbuh berkembang.

"Alhamdulillah, Pak Umar Ahmad yang kemudian menjadi Bupati Tubaba, sangat peduli dengan pendidikan dan berhasil menginisiasi program Tubaba Cerdas," kata suami dari Fery Farhati itu.

Anies-Baswedan-c.jpg

Selepas bertugas di kementerian pendidikan dan kebudayaan, Anies diamanahi bertugas di Jakarta, sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Beberapa waktu lalu Pak Bupati gantian bersilaturahmi ke balai kota. Beliau menyampaikan pesan ada sebuah gelar kehormatan yang hendak dianugerahkan dari Tubaba," ucapnya.

Sekarang lanjut dia, 12 tahun kemudian Anies Baswedan datang kembali ke Tubaba untuk ketiga kalinya dan menyaksikan begitu banyak kemajuan yang telah terjadi.

"Dari hati yang paling dalam kami sampaikan apresiasi, terima kasih atas kehormatan yang diembankan kepada kami. Insya Allah akan kami jalani dengan sebaik-baiknya. Tulang Bawang Barat akan selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup kami, sebuah tempat yang memberikan kesan amat mendalam. Insya Allah ini bukan kali terakhir kita memanjangkan silaturahmi ini," jelasnya.

"Semoga Ibu/Bapak selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam memberikan manfaat bagi semuanya. Semoga kemajuan bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat akan terus terjadi dan keberkahan akan bisa melimpah kepada semua yang berada di Kabupaten Tulang Bawang Barat," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES