Kuliner

Diburu Warga Majalengka, Air Tebu Dinilai Baik untuk Pengidap Diabetes

Minggu, 08 Mei 2022 - 13:20 | 118.03k
Penjual es tebu di Majalengka. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Penjual es tebu di Majalengka. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Rasanya manis segar. Tentu saja, karena es yang satu ini merupakan perasan asli dari bahan dasar gula pasir, yakni air tebu

Mula-mula, tebu yang berbentuk batangan panjang seperti bambu itu, dihaluskan bagian sisik luarnya. Kemudian dimasukkan pada mesin giling khusus. 

Di bawah mesin giling tersebut, sudah tertampung wadah. Itulah cairan tebu murni. Gula cair yang masih betul-betul murni dari perasan tebu. Tanpa bawan pengawet.

Konsumen atau pelanggan setia es tebu, sebagiannya justru malah pengidap diabetes. Hal ini dibenarkan oleh penjual es tebu yang mangkal di area pinggir jalan raya Tanjungsari, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Seperti halnya Nanda‎ telah tiga tahun jualan es tebu dan mangkal di sana. Sebagian besar pelanggannya selalu membeli air tebu murni untuk diminum langsung, dan sebagiannya pengidap diabetes.

es-tebu-b.jpg

"Sebagian pembeli ada yang khusus memesan air tebu, rata-rata mereka beli langsung bawa botol sendiri. Mereka biasanya beli sepuluh sampai Rp15 ribu. Katanya ada juga yang mengidap diabetes, tapi malah beli air tebu ini," ujarnya, Minggu (8/5/2022). 

Nanda menambahkan, soal medis mengenai itu, Nanda memang tidak mau berkomentar, karena bukan bidangnya. 

"Pelanggan saya sendiri yang bilang. Diminumnya itu ketika perut kosong, biasanya pagi. Jadi beli sekarang, lalu disimpan di freezer lemari es, untuk selanjutnya diminum ketika haus banget," ungkapnya. 

Pelanggan lainnya, hanya penyuka minuman manis pada umumnya. Penghilang dahaga yang menyegarkan tanpa bahan pengawet. 

"Serasa nostalgia kalau minum es tebu ini. Waktu kecil saya suka berburu tebu. Rasanya memang asli dan menyegarkan," ungkap Iis, warga Majalengka yang sedang jajan es air tebu milik Nanda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES