Peristiwa Nasional

KAHMI Australia Mulai Bergerak untuk Kemajuan Indonesia

Minggu, 08 Mei 2022 - 11:36 | 58.00k
Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI yang juga Ketua Komisi II DPR RI, Doli Kurnia saat menyampaikan materinya (foto: Edi Junaidi DS/TIMES Indonesia)
Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI yang juga Ketua Komisi II DPR RI, Doli Kurnia saat menyampaikan materinya (foto: Edi Junaidi DS/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para Alumni HMI di Australia menggelar silaturahmi bersama dalam acara Halal Bihalal Virtual. Kegiatan ini dihadiri oleh Doli Kurnia selaku Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI yang juga Ketua Komisi II DPR RI.

Kemudian, ada juga Prof. Siti Zuhro selaku Presidium MN KAHMI/ Peneliti Senior Pusat LIPI, Manimbang Khariady selaku Sekjen MN KAHMI, dan turut dihadiri oleh Prof. Arif Satria selaku Rektor IPB yang juga sebagai Ketua ICMI Pusat. 

Lebih spesial lagi, acara Halal Bihalal tersebut  juga dihadiri pula oleh Mukhamad Najib selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra yang mewakili Duta Besar Indonesia untuk Australia. 

Ajang silaturahmi ini mengangkat tema “Mengoptimalkan Spirit KAHMI di Negeri Kanguru untuk Kemajuan Bangsa”. Acara Halal Bihalal ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Hymne HMI. 

Sementara itu, peserta yang hadir terdiri dari para Alumni HMI yang berdomisili di Australia sebagai mahasiswa maupun penduduk tetap serta para tamu undangan dari berbagai elemen. 

Dalam keynote speechnya Prof. Arif menyampaikan bahwa perubahan era saat ini terjadi sangat cepat, dan kita sebagai umat Islam harus berada dalam rel kemajuan, orientasi tersebut berdasar pada dua hal, menjalankan fungsi manusia sebagai kholifah fil ard, yang tugasnya memakmurkan dan menjaga kehidupan dunia dari kerusakan dan mensyukuri nikmat kehidupan yang tak terhingga. 

"Tentunya kita sebagai KAHMI mempunyai tugas penting untuk melakukan amal sholeh yang impactful yang memberikan dampak pada perubahan untuk kemaslahatan ummat dan memeberikan solusi untuk setiap permasalahan ummat," kata Prof. Arif Satria di Australia, Minggu (8/5/2022).

Abbadi Thalib selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa Australia adalah salah satu tujuan favorit bagi mahasiswa Indonesia untuk menimba ilmu di luar negeri, kurang lebih ada sekitar 24% mahasiswa Indonesia yang study diluar negeri memilih untuk study di Australia setiap tahunnya.

Menurutnya, dari sekian banyak jumlah mahasiswa tersebut dia yakin banyak diantaranya yang mempunyai latar belakang sebagai Alumni HMI dengan berbagai latar belakang ilmu pengetahuan yang kami dapat disini.

"Kami ingin memberikan kontribusi bagi Tanah Air Tercinta. Kami akan berkontribusi  lebih kepada negara melalui organisasi tercinta ini. Semoga niat baik ini bisa berbuah baik ke depan dan berwujud nyata bagi perkembangan bangsa dan negara," katanya.

Hal senada disampaikan oleh M. Najib, Atikbud KBRI Canberra, dia mendukung segala niat baik yang ingin dilakukan oleh mahasiswa Indonesia di luar negeri khususnya Australia. Dia berharap  organisasi tersebut  terus berkembang dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Kami sangat mendukung dan menunggu kiprah KAHMI di Australia untuk bisa membawa nama baik Indonesia di sini. Saya mengatakan kepada ormas-ormas Islam di sini untuk memperkenalkan nilai keislaman dan keindonesiaan kepada masyarakat di Australia, agar masyarakat Australia tidak salah paham terhadap Indonesia dan Islam," ujarnya.

Hal tersebut disambut baik oleh Doli Kurnia, dia memohon kepada para pengurus organisasi di Australia betul-betul memanfaatkan fasilitas kemajuan di negara itu, untuk memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia.

"Saya sebagai Korpres MN KAHMI sangat mendukung agar segera dibentuknya KAHMI Australia-New Zealand, karena hal ini sejalan dengan tujuan MN KAHMI yaitu terus memperluas perwakilannya di dunia internasional agar Alumni HMI terus dapat berkontribusi positif bagi Indonesia dan Alhamdulillah saat ini MP KAHMI sudah terbentuk di Malaysia, Turki dan Eropa, dan akan menyusul Australia, Amerika, Rusia, Iran dan Afrika, ucapnya pada sambutan sekaligus membuka acara," kata Doli Kurnia.

Sebagai informasi,  saat ini para Alumni HMI di Australia tersebar di berbagai Negara bagian, diantaranya Western Australia, South Australia, Australian Capital Territory, New South Wales dan Victoria. 

Maka dari itu para Alumni HMI di Australia melihat potensi besar untuk membentuk KAHMI Australia – New Zealand sebagai wadah mereka untuk berkarya guna mendukung kemajuan Bangsa dan Negara dari Negeri rantau. "Kami mengundang para alumni yang sedang atau akan menempuh study di Australia dan New Zealand untuk bergabung bersama kami dan mengoptimalkan semangat HMI. Silakan dapat menghubungi kami melalui email [email protected] atau DM kami di Instagram @kahmiaustralianz," pungkas Abbadi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES