Glutera News

Ini Cara Bakar Kalori Setelah Kalap Lahap Makanan Lebaran

Sabtu, 07 Mei 2022 - 17:22 | 77.57k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari raya lebaran kerap membuat banyak pihak kalap dalam menyantap makanan. Setelah sebulan berpuasa, hari raya Idul Fitri seakan menjadi momen untuk memuaskan diri dengan makanan-makanan enak yang sayangnya kurang menyehatkan.

Selain tidak sehat, makanan di hari raya Idul Fitri juga bisa menambah berat badan. Kandungan lemak di tubuh bisa bertambah dengan dratis kalau tidak dikontrol dengan baik.

Jangan biarkan lemak dari makanan tersebut menumpuk di tubuh Anda. Olahraga setelah lebaran dapat membantu membakar lemak supaya tubuh lebih sehat dan berat badan tetap terjaga.

Olahraga yang dipilih bisa disesuaikan dengan yang Anda mampu. Kalau hanya mampu olahraga ringan itu bisa pula Anda lakukan daripada dipaksakan.

Ada 8 olahraga yang bagus untuk menghancurkan lemak usai menyantap makanan di hari raya Idul Fitri.

1. Lari

Lari dengan kecepatan 12 km per jam akan membakar kalori paling banyak. Hampir 1000 kalori per jam yang dibakar ketika Anda berlari. Bila Anda mulai lelah, cobalah untuk berlari cepat pada interval 2 menit dan berganti dengan 1 menit joging.

2. Berenang

Berenang adalah olahraga yang juga membakar banyak kalori. Pasalnya, seluruh anggota tubuh Anda bergerak ketika berenang. Rata-rata kalori yang terbakar per jam ketika berenang adalah 600 hingga 900 kalori, tergantung gayanya. Gaya yang paling banyak membakar kalori adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan membakar banyak kalori. Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari kecepatan Anda bersepeda.

Ketika bersepeda dengan kecepatan 22 km per jam, Anda dapat membakar 500 hingga 700 kalori setiap jam. Semakin cepat mengayuh sepeda, maka kalori yang terbakar akan semakin banyak.

4. Boxing

Tinju atau boxing adalah olahraga yang intens. Membutuhkan gerakan konstan dan energi yang dikeluarkan pada lawan Anda. Tinju dapat membakar 550 hingga 800 kalori per jam dan efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Lompat tali

Jangan menganggap remeh olahraga lompat tali. Meski terlihat tidak membutuhkan usaha, lompat tali adalah olahraga dengan intensitas tinggi. Banyak orang yang hanya bertahan melakukan lompat tali untuk beberapa menit.

Jumlah kalori yang terbakar dalam waktu 30 menit adalah 400 kalori. Namun, bila sulit untuk melakukan lompat tali dalam waktu yang lama, Anda dapat melakukannya secara interval dengan joging di tempat.

6. Olahraga Kelompok atau Tim

Basket, sepak bola, tenis, dan lainnya juga dapat menghilangkan kalori dengan efektif. Sepak bola bisa bakar kalori hingga 1.000 per jam karena aktivitas berlari yang sering. Tenis dan basket juga bisa bakar kalori sampai 700 tiap jam.

7. Senam

Jenis olahraga untuk membakar lemak selanjutnya adalah senam. Salah satu keunggulan olahraga aerobik seperti senam adalah Anda tidak butuh tempat yang besar. Senam bahkan bisa dilakukan di kamar.

Senam juga merupakan latihan yang cukup menyenangkan. Saat ini sudah ada beberapa jenis senam yang populer seperti zumba.

8. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan jenis olahraga yang mengombinasikan antara olahraga aerobik dan anoerobik. Dengan kombinasi dua jenis olahraga tersebut, Anda dapat membakar kalori lebih banyak.

Ini karena latihan interval akan meningkatkan metabolisme bahkan setelah Anda selesai berolahraga. HIIT juga akan meningkatkan kebutuhan oksigen tubuh yang membakar lebih banyak kalori.
Anda bisa mengombinasikan sprint selama 30-60 detik setiap 3 menit berlari jogging. Selain itu, bisa juga latihan mengangkat beban selama 1 menit di antara sesi bersepeda beberapa menit.

Secara umum, semakin berat dan tinggi Anda, semakin banyak pula kalori yang akan dibakar selama melakukan aktivitas fisik. Selain itu, jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga tergantung dari durasi, kecepatan, dan intensitasnya.

Semakin tinggi kecepatan dan intensitas olahraga yang Anda lakukan, semakin banyak lemak di dalam tubuh yang akan dibakar.

Oleh karena itu, jangan biarkan lemak di tubuh Anda mengendap usai Lebaran! Lakukan jenis olahraga di atas yang sesuai kondisi Anda demi membakar kalori. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES