Kuliner

Resep Mudah Rengginang, Kerupuk Renyah Penggugah Selera

Sabtu, 07 Mei 2022 - 23:30 | 60.44k
Tampilan renyah rengginang yang menggoda. (Foto: Diadona)
Tampilan renyah rengginang yang menggoda. (Foto: Diadona)

TIMESINDONESIA, JAKARTARengginang umumnya terbuat dari beras ketan dengan tambahan beberapa bahan untuk mempertegas rasanya. Meski demikian, beberapa orang juga membuat kerupuk asli Indonesia ini dari singkong. Namun, rengginang dari beras ketan menjadi yang paling hits dari sejenisnya.

Berikut, kami akan memberikan resep rengginang rumahan yang mudah dibuat dengan berbagai rasa. Untuk menambahkan rasa, anda hanya perlu satu langkah berbeda dalam prosesnya. Dan kami juga akan menyelipkan langkah pemberianrasa tersebut secara alami. Nah, yuk simak resepnya di bawah ini.

Bahan:

1/2 kg ketan (cuci dan rendam semalaman)
1 sdm gula pasir
1 sdm garam
2 gelas air
4 siung bawang putih (haluskan)
1 sdm terasi panggang, lorjuk atau udang eby basah, gula (bisa disesuaikan)
Cara memasak:

Tiriskan dan kukus beras ketan minimal 15 menit.
Angkat. Masukkan ke dalam baskom, tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan garam. Jika anda ingin rengginang yang anda buat memiliki rasa dan cita rasa yang eksotis, anda bisa menambahkan gula atau terasi, atau hanya lorjuk saja.
Kukus kembali beras ketan selama 15 hingga 30 menit. Keluarkan dari kukusan. Sisihkan sampai hangat.
Ambil sejumput dan bentuk ketan berdiameter sekitar 4 centimeter di atas nampan, atau anda bisa membentuknya seperti bola. Namun, Jangan menekan terlalu keras saat membentuk agar rengginang mengembang sebesar mungkin saat digoreng.
Jemur rengginang di bawah sinar matahari, pada hari yang cerah biasanya membutuhkan waktu 2 hari atau lebih untuk benar-benar kering.
Dengan api sedang, goreng rengginang anda dan sajikan. Sesuaikan api untuk mendapatkan tekstur mengembang dan renyah yang sempurna.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES