Ekonomi

Mencicipi Dawet Jabung, Kuliner Khas Ponorogo yang Jadi Jujugan Pemudik

Jumat, 06 Mei 2022 - 18:17 | 54.24k
Penjual dawet Jabung yang omzetnya meningkat tajam saat lebaran tahun ini. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Penjual dawet Jabung yang omzetnya meningkat tajam saat lebaran tahun ini. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Momen lebaran ternyata sangat dinanti-nanti para penjual dawet khususnya di Desa Jabung Kecamatan Mlarak Ponorogo Jawa Timur. Karena banyak pemudik yang kangen dengan dawet Jabung sebagai salah satu minuman khas Ponorogo yang selalu jadi jujugan.

"Kami buka sejak hari pertama lebaran," kata pemilik kedai dawet Jabung Trimala, Jumat (6/5/2022).

Ia mengaku, memasuki hari kelima lebaran Idul Fitri tahun ini omzetnya meningkat tajam, apalagi lebaran kali ini mudik sudah diperbolehkan, "Sehingga usaha kami laris manis," ulas Trimala.

dawet-Jabung-b.jpg

Sementara salah satu warga Ponorogo yang pulang dari rantau, Wartini, mengaku belum terasa pulang kampung kalau belum minum dawet Jabung. "Dawet Jabung ini memiliki cita rasa yang khas dan menyegarkan," tutur Wartini.

Menurutnya, dawet Jabung punya cita rasa unik dari perpaduan rasa manis dan sedikit asin gurih pada kuahnya. "Dawet Jabung cocok disajikan dalam keadaan dingin. Apalagi pada saat cuaca panas seperti siang ini," tukas Wartini, wanita asal Babadan Ponorogo ini.

Pantauan TIMES Indonesia sentra kuliner dawet Jabung penuh, bahkan pembeli harus rela mengantri di puluhan kedai dawet yang berada di Desa Jabung Kecamatan Mlarak Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES