Kopi TIMES

Titip Menitip Anak Bulu

Jumat, 06 Mei 2022 - 11:06 | 68.30k
Titip Menitip Anak Bulu
Yandri Radhi Anadi S.H., M.Kn., Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Malang (UNISMA).
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjelang   Hari Raya Idul fitri tahun ini sebagian besar masyarakat Indonesia dipastikan bisa Mudik ke Kampung halaman  yang tertunda sejak dua tahun lalu akibat pandemi covid-19, momen semacam ini menjadikan  Jasa penitipan hewan peliharaan seperti kucing semakin dicari masyarakat Terutama bagi mereka yang akan mudik ke kampung halaman dan pergi berlibur. orang yang merantau dari daerah. Ketika pulang kampung untuk lebaran, sudah pasti kucing tidak dibawa pulang, tetapi dititipkan, permintaan jasa penitipan kucing mengalami peningkatan pada libur hari-hari besar dibandingkan hari biasanya.

Momentum mudik, berlibur dan kesibukan lainnya atau kurangnya waktu pemilik hewan peliharaan untuk merawat hewan peliharaan tersebut, para pelaku usaha melihat adanya peluang bisnis untuk menyediakan jasa menitipkan hewan peliharaan. Sehingga mulailah berdiri banyak tempat penitipan hewan peliharaan yang belakangan ini sudah mulai menjamur dikalangan masyarakat khususnya di kota-kota besar. Para pemilik hewan peliharaan tersebut sering kali menggunakan jasa penitipan hewan peliharaan, pada saat perjanjian menitipkan hewan peliharaan, pelaku usaha dan pemilik hewan peliharaan tentu saja membuat kesepakatan seperti jangka waktu penitipan hewan peliharaan, perawatan hewan peliharaan yang dititipkan dan lainnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Disamping itu, Memelihara hewan peliharaan seperti kucing memang harus memiliki tanggung jawab lebih untuk merawat mereka seumur hidup. Akan tetapi memiliki anak bulu bukan berarti harus mengorbakan keinginan untuk travelling atau pergi keluar kota dalam jangka waktu tertentu. Tetap bisa melakukan berpergian dengan nyaman dengan menintipkan hewan peliharaan ke tempat yang sesuai. Beberapa tips  dibawah ini agar tetap tenang meninggalkan hewan kesayangan saat berpergian.

·      Survei Tempat Penitipan Hewan Terdekat.

Cari tempat penitipan kucing yang dekat dengan tempat tinggal. Sebab ini akan memudahkan untuk mengantar dan menjemput tanpa bingung barang bawaan lain serta transportasi apa yang digunakan. Pastikan tempat penitipan hewan yang dipilih tidak di campur dengan penitipan anjing, karena si kucing bisa stres ketika mendengar suara anjing yang menggonggong.

·      Pastikan Pemilik / Pegawai Tempat Penitipan Kucing Merupakan Orang Yang Komunikatif.

Mengkhawatirkan kucing kesayangan saat berpergian merupakan hal yang wajar  terjadi,. Untuk mengatasi hal tersebut pilih tempat penitipan hewan dengan pemilik / pegawai yang komunikatif, responsif, dan mudah dihubungi. Sehingga mudah untuk menanyakan keadaan kucing dalam situasi apapun.

·      Pastikan Tempat Penitipan Memiliki Luas Kandang Yang Cukup / Dilepaskan Dalam Ruangan

Pada kucing yang tidak terbiasa di kandang atau bahkan sering main keluar rumah pastikan untuk memilih tempat hewan dengan luas kandang yang cukup / bahkan dilepaskan dalam ruangan. Memilih  tempat penitipan kucing dengan kandang yang sempit akan membuat kucing stres dan sakit saat dititipkan. Alternatif lain yang bisa dilakukan dengan cara menitipkan rumah teman / kerabat yang terbiasa memelihara kucing, namun tidak dikurung dalam kandang.

·      Persiapkan Kesehatan Kucing Sebelum di Titipkan

Sebelum berangkat travelling pastikan Kesehatan kucing sebelum dititipkan. Lakukan grooming satu minggu sebelum kucing dititipkan dan jangan lupa foto kucing saat masuk ke penitipan kucing. Hal ini untuk memastikan bahwa kucing kdalam kondisi prima saat memasuki penitipan kucing. Sebab menitipkan kucing bisa membuat kucing kamu stres dan sakit khususnya jika menitipkan anabul dalam jangka waktu yang lama.

·      Siapkan Makanan Dan Cat Litter Sendiri Jika Di Perlukan

Terhadap kucing yang memiliki kondisi tertentu, lebih baik disiapkan makanan dan cat litter sendiri yang biasa digunakan. Saat ini memang banyak tempat penitipan kucing yang juga menyediakan makanan dan pasir saat dititipkan, tetapi tidak semua makanan dan pasir cocok.

·      Pastikan kondisi keuangan

Hal ini penting, karena dalam proses menitipkan anak bulu, akan ada biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan pilihan paketan biaya yang dipilih, dan juga berapa lama masa penitipan, ini sangat urgen, karena banyak kasus yang terjadi akibat banyak kucing yang tidak diambil lagi oleh pemiliknya karena dana yang dimiliki tidak mencukupi untuk membayar biaya penitipan

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Itulah beberapa yang bisa dipersiapkan sebelum meninggalkannya di tempat penitipan hewan. Mengetahui tindakan yang tepat sebelum membawa anak bulu untuk dibawa ketempat penitipan anak membuat mereka lebih rileks, mudah dirawat, dan tidak sakit saat dititipkan.

Dalam menitipkan hewan peliharaan, antara pemilik hewan peliharaan dan pihak penerima hewan peliharaan membuat suatu kesepakatan atau perjanjian tertulis maupun tidak tertulis yang tentu saja menimbulkan hubungan hukum antara pemilik hewan peliharaan dengan tempat penitipan hewan peliharaan tersebut. Hubungan hukum ialah hubungan antara dua atau lebih subyek hukum. Dalam hubungan hukum ini hak dan kewajiban pihak yang satu berhadapan dengan hak dan kewajiban pihak yang lain. Hubungan hukum yang timbul karena perjanjian dalam proses penitipan hewan peliharaan menimbulkan adanya hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing pihak, hak dan kewajiban yang timbul karena perjanjian pentipan hewan peliharaan marupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, karena hak dari pemilik hewan peliharaan adalah kewajiban dari pelaku usaha tempat penitipan hewan peliharaan, begitu juga sebaliknya.

Istilah penitipan barang merupakan terjemahan dari istilah bewargeving. Penitipan barang diatur dalam Pasal 1694 s.d. Pasal 1739 KUH Perdata. Di dalam Pasal 1694 KUH Perdata tidak dicantumkan pengertian penitipan barang, namun hanya disebutkan momentum terjadinya penitipan barang. Penitipan barang terjadi apabila seseorang menerima suatu barang dari orang lain, dengan syarat bahwa ia akan menyimpannya dan mengembalikan dalam wujud asalnya (Pasal 1694 KUH Perdata). Algra mengemukakan pengertian bewargeving. Bewargeving adalah perjanjian untuk menyimpan barang orang lain dan mengembalikannya, baik dengan maupun tanpa pembayaran. Esensi definisi ini adalah adanya penyimpanan barang orang lain. Penyimpanan barang itu dapat dilakukan tanpa adanya bayaran maupun dengan adanya bayaran., halaman

Pada dasarnya, ada dua pihak yang terkait dalam perjanjian penitipan barang, yaitu bewaargever dan bewaarnemer. Bewaargever adalah orang yang menyerahkan barang untuk disimpan. Sedangkan bewaarnemer adalah orang yang menerima barang untuk disimpan. Disamping itu, dikenal juga dengan istilah bewaarder. Bewaarder, yaitu penyimpan yang ditentukan oleh juru sita untuk menyimpan barang hasil sitaan dengan menerima ongkos simpan. Objek dalam penitipan barang ini adalah barang bergerak maupun tidak bergerak.

Beberapa klausul dan opsi yang dapat dilakukan, baik tertulis dalam kontrak untuk menghindari terjadinya wanprestasi, baik yang dilakukan oleh pemilik jasa penitipan atau oleh pihak yang menitipkan, diantaranya klausul penyelesaian mengenai bagaimana jika mendadak, kucing tiba-tiba sakit dan mati akibat virus, ataupun tentang metode pembayaran untuk menghindari tidak diambilnya kucing oleh pemilik akibat kurangnya biaya jasa penitipan. Dalam kasuistik yang semacam ini, beberapa cara bisa disiati dengan cara pembayaran 50% diawal, atau dengan pembayara tiap hari sesuai kesepakatan demi menghindari terjadinya wanprestasi

Selamat menikmati mudik lebaran, bagi yang mudik, selamat berlibur bagi yang mendapat liburan,

Selamat berkerja dan menikmati hasil kerja keras bagi para pemilik jasa penitipan kucing. Tetaplah bermartabat dan berbahagia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Yandri Radhi Anadi S.H., M.Kn., Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Ketapang Beach Indramayu Present a Lovely Jungle Like on the Shore
    Ketapang Beach Indramayu Present a Lovely Jungle Like on the Shore
    21/05/2022 - 06:09
  • Perpetuate Your Love at Lock Bridge of Niagara Mini Ijen Bondowoso
    Perpetuate Your Love at Lock Bridge of Niagara Mini Ijen Bondowoso
    21/05/2022 - 05:16
  • Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Aruna Senggigi Keeps Becoming TripAdvisor Travelers Choice 2022
    Aruna Senggigi Keeps Becoming TripAdvisor Travelers Choice 2022
    21/05/2022 - 02:28
  • Wujudkan Wedding Dream Anda Bersama ASTON Jember Hotel
    Wujudkan Wedding Dream Anda Bersama ASTON Jember Hotel
    21/05/2022 - 01:24

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumbar Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Metropolitan Pesisir Malang
    Metropolitan Pesisir Malang
    20/05/2022 - 12:09
  • Bangkit Berbudaya
    Bangkit Berbudaya
    20/05/2022 - 10:48
  • Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    19/05/2022 - 19:24
  • Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    19/05/2022 - 17:11
  • Urgensi Budaya Literasi di Era Digital
    Urgensi Budaya Literasi di Era Digital
    19/05/2022 - 05:35
  • Kongres III PERGUNU: Perlu Keberanian Menata Sistem Organisasi Profesi Guru
    Kongres III PERGUNU: Perlu Keberanian Menata Sistem Organisasi Profesi Guru
    19/05/2022 - 03:33
  • Cintai Pekerjaan
    Cintai Pekerjaan
    18/05/2022 - 17:51

KULINER

  •  4 Makanan Mahal Luar Negeri dengan Harga Terjangkau di Indonesia
     4 Makanan Mahal Luar Negeri dengan Harga Terjangkau di Indonesia
    19/05/2022 - 08:25
  • Pesona Cafe Laut Semare Binaan Potensial HCML
    Pesona Cafe Laut Semare Binaan Potensial HCML
    18/05/2022 - 20:34
  • Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    18/05/2022 - 01:33
  • Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    16/05/2022 - 19:38
  • Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    16/05/2022 - 17:12