Wisata

Empat Wisata di Gresik Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Lebaran

Kamis, 05 Mei 2022 - 14:27 | 183.17k
Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) Sekapuk (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) Sekapuk (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Berkunjung ke tempat pariwisata bisa menjadi pilihan mengisi libur lebaran. Ada beberapa objek wisata di Gresik, Jawa Timur yang layak dikunjungi bersama keluarga. 

Selain dikenal dengan daerah industri, wilayah yang dikenal Kota Pudak ini ternyata memiliki banyak wisata yang ciamik. Baik berkonsep alam mau buatan. TIMES Indonesia mencoba merangkum empat wisata berbasis desa. Apa saja?

1. Desa Wisata Sekapuk

Pesona-Wisata-Setigi.jpgWisata Alam Setigi di Desa Sekapuk, Gresik. (Foto: instagram/wisatasetigi)

Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah menjadi salah satu desa yang memiliki dua destinasi sekaligus yakni Selo Tirto Giri (SETIGI) dan Agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI). Uniknya, dua wisata ini hadir saat pandemi.

Di Setigi, menawarkan aneka spot foto Instagramable. Juga, danau buatan serta jembatan 'Perdaban'. Yang terbaru, ada spot foto balon udara berukuran raksasa dengan view pemandangan indah. Bagi yang suka bermain air, pengunjung bisa menikmati keindahan kolam outdor dan kolam renang wanita yang berkonsep tertutup. Pahatan batu putih sisa galian juga menambah apik destinasi ini. 

Sementara Agrowisata KPI, pengelola menawarkan edukasi pertanian dan perikanan. Ribuan pohon buah berjejer mengelilingi destinasi. Mulai kelengkeng, jambu biji, rosela, durian dan sebagainya.  Bagi yang ingin bermalam. Di area KPI juga tersedia puluhan Home Stay bergaya arsitektur rumah adat Nusantara seperti Jawa, Bugis, Bali, Betawi dengan fasilitas lengkap. Tentu harga terjangkau.

Untuk harga tiket, di Setigi dan Agrowisata KPI tiket masuk mulai Rp20 ribu hingga Rp30 ribu. Ada diskon bagi pengunjung yang berkunjung ke dua wisata tersebut.  Untuk bisa menjangkau wisata ini, dari pusat kota menuju arah utara Ujungpangkah sekitar 35 Kilometer ke jalur Pantura Deandles. Dari Alun-alun Sidayu, sekitar 10 Kilometer ke arah barat.

2. Wisata Alam Gosari

Wisata-Wagos.jpgPengunjung saat menikmati wahana spot foto di Wisata Wagos (Foto: Akun instagram Pykasyapika)

Wisata Alam Gosari atau yang biasa dikenal dengan sebutan Wagos berada di Desa Gosari Kecamatan Ujungpangkah. Wilayah Gresik bagian utara. Destinasi yang menawarkan edukasi sejarah dan budaya ini cocok dikunjungi antargenerasi. Baik anak-anak maupun dewasa. 

Ratusan spot foto menambah momen liburan lebih berharga. Di sana ada ikon Prasasti Butulan, kolam renang, taman bunga serta danau buatan. Ada pula arena Fitnes Outdoor yang secara gratis bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Bagi pengunjung yang suka kuliner, tak usah khawatir. Di Wagos terdapat kafe yang menjual aneka kuliner dan jajanan. Suasana persawahan menambah syahdu. 

Untuk bisa ke Wagos, dari Gresik Kota pengunjung bisa menyusuri Jalan Deandles, kemudian menuju arah utara ke Desa Gosari Ujungpangkah. Sebelum menuju wisata, pengunjung disuguhi keasrian perkampungan warga yang masih alami. Tiket masuknya murah, hanya Rp15 ribu plus parkir sepeda motor. Tiket anak-anak Rp5 ribu. 

3. Eduwisata Lontar Sewu

Edu-Wisata-Lobtar-Sewu.jpgSalah satu pengunjung saat mengisi kegiatan di Edu Wisata Lobtar Sewu (Foto: Akun instagram Explore Lontar Sewu)

Lontar Sewu di Desa Hendrosari Menganti Gresik juga layak dikunjungi. Destinasi wisata buatan ini menawarkan spot foto unik dengan latar persawahan dan pohon lontar yang jadi Ikon. Wisata yang murni dikelola desa ini menawarkan wahana seru, seperti sky bike, flying fox, komedi putar, rumah balon, kereta mini, dan lain-lain. 

Untuk memberi fasilitas edukatif kepada anak-anak, mampirlah ke taman kelinci. Anak-anak bisa merasakan pengalaman memberi makan kelinci.  Harga tiket masuk pengelola mematok Rp8.000/Weekend dan Rp5.000/Weekday. Jika ingin menaiki beberapa wahana akan dikenakan biaya lagi sesuai pilihan. 

Agar bisa sampai di Lontar Sewu, rute awal dari Kota Gresik pengunjunga bisa menempun perjalanan darat dengan waktu 20 Menit. Dari pusat kota bisa melewati Benowo Surabaya, kemudian dari utara dan barat bisa melewati Bunder dan Kecamatan Cerme.

4. Pantai Dalegan

Pantai-Dalegan-3.jpgPantai Delegan (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

Nah, destinasi terakhir yang bisa dikunjungi adalah Pantai Dalegan di Kecamatan Panceng. Meski jauh dari pusat kota, namun wisata ini tetap jadi pilihan masyarakat. Dari pusat kota Gresik, pengunjung bisa melewati jalur Pantura Deandles. Kemudian, belok ke Desa Dalegan. Kemudian, dari Lamongan bisa melewati Paciran, kemudian ke Kecamatan Panceng.

Pasir yang putih dan biru-nya air laut menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa berfoto dengan latar spot buatan. Juga bisa berkeliling menaiki perahu nelayan yang sengaja disewakan.

Untuk bisa menikmati Pantai Dalegan Gresik, pengunjung hanya diwajibkan membeli tiket Rp10 ribu per orang serta parkir Rp5 ribu. Jam operasional mulai Pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Jika ingin berkuliner. Di Pantai Dalegan juga menyediakan. Ada aneka masakan khas pesisir. Mulai ikan panggang, lodehan, asem-asem ikan, penyetan dan lainnya. Bisa sesuai selera dan pesanan.

Bagi anda yang ingin mengisi libur lebaran dengan mengunjungi objek wisata di Gresik, jangan lupa tetap tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES