Kesehatan

Sehat ala Dokter Syifa: 6 Tips Sehat Selama Libur Lebaran

Selasa, 03 Mei 2022 - 18:01 | 49.29k
Sehat ala Dokter Syifa: 6 Tips Sehat Selama Libur Lebaran
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lebaran sudah tiba. Aneka keluhan sakit selama libur Lebaran banyak dirasakan masyarakat di tengah "bebasnya" makan setelah sebulan berpuasa. Bagaimana mengatasinya? Tips Sehat ala Dokter Syifa (Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH), pengurus Lembaga Kesehatan (LK) PBNU yang juga dokter spesialis RSSA Malang, bisa TIMES Lovers gunakan. 

Puasa Ramadan telah berakhir dan kini masing-masing yang menjalankan ibadah sebulan penuh berbahagia merayakan hari kemenangan. Momen Lebaran sering dimaknai dengan silaturahmi ke sanak famili handai taulan dan mudik. 

Beragam kue lebaran dan ketupat opor ayam bahkan gulai kambing menjadi menu wajib kunjungan saat beranjang sana. Tak jarang karena euphoria menyantap berbagai menu makanan dalam waktu singkat dan jumlah banyak atau bercampur menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. 

Ada yang kadar gula darah bagi penderita diabetes naik. Lalu, tekanan darah penderita hipertensi naik, bahkan kadar kolesterol dan asam urat juga mengancam. 

Ada pula yang mengalami gangguan pencernaan mulai sakit maag atau gastritis, naik asam lambung atau GERD, diare, nyeri perut bahkan sembelit sering juga terjadi.

Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips tetap sehat pasca Ramadan dan selama libur Lebaran yang bisa Anda coba: 

1). Jangan berlebihan konsumsi gula dan lemak.

Kue lebaran dan aneka hidangan bersantan boleh dinikmati. Namun sewajarnya dan tidak berlebihan untuk mencegah kondisi hiperglikemia (kadar gula tinggi), hiperkolestrolemia (kolesterol tinggi), dan hipertensi.

2). Hindari makanan pedas, kecut, ketan, santan, digoreng, banyak gas/karbonasi supaya perut tidak kembung, sebah, atau nyeri, bahkan diare. 

3). Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah agar tidak mudah mengalami konstipasi. Konsumsi suplemen seperti probiotik bila diperlukan untuk membantu fungsi pencernaan.

4). Perbanyak air putih 8-10 gelas tiap hari untuk mencegah dehidrasi dan membantu kerja pencernaan serta menetralisir asam lambung. Konsumsi air mineral dapat dilakukan selama anda dalam perjalanan mudik atau silaturahmi. 

Hindari minuman yang mengandung tinggi kafein. Karena kafein dapat menstimulasi pengeluaran cairan tubuh melalui urin dan menyebabkan dehidrasi.

5). Tetap berolahraga jika memungkinkan untuk pembakaran kalori yang berlebihan selama libur Lebaran. Jangan mager saja. 

6). Apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, asma, penyakit jantung, atau penyakit ginjal, jangan lupa tetap meminum obat rutin. Silakan melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter jika ada keluhan.

Semoga bermanfaat dan yuk tetap sehat paska Ramadan dengan jaga pola makan selama libur lebaran. Selamat berlebaran, maaf lahir batin ya. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rifky Rezfany

EKORAN

TERBARU

  • Kembangkan Life Skills Siswa, SGS Gelar Science Presentation Day
    Kembangkan Life Skills Siswa, SGS Gelar Science Presentation Day
    28/05/2022 - 08:23
  • Demi Cegah Perundungan dan Kekerasan Seksual, Ubaya Kenalkan WeCare
    Demi Cegah Perundungan dan Kekerasan Seksual, Ubaya Kenalkan WeCare
    28/05/2022 - 07:43
  • Mobil Bekas Toyota Kijang Laris di Mobilman
    Mobil Bekas Toyota Kijang Laris di Mobilman
    28/05/2022 - 06:31
  • Es Sereh Telang Lemon, Another Way to Enjoy Butterfly Pea Flower
    Es Sereh Telang Lemon, Another Way to Enjoy Butterfly Pea Flower
    28/05/2022 - 06:12
  • Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    28/05/2022 - 05:15

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    27/05/2022 - 17:45
  • The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    27/05/2022 - 15:23
  • Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    24/05/2022 - 16:57
  • Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    24/05/2022 - 02:00
  • Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    24/05/2022 - 01:44
  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02
  • Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    21/05/2022 - 10:15

KULINER

  • Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    28/05/2022 - 05:15
  • Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    27/05/2022 - 01:33
  • Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    26/05/2022 - 20:13
  • Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    26/05/2022 - 04:29
  • Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    24/05/2022 - 13:37