Kesehatan

Tips Pola Hidup Sehat, Sebelum Kembali Bekerja Pasca Lebaran

Kamis, 05 Mei 2022 - 08:31 | 159.50k
Gambar untuk pola hidup sehat sebelum bekerja. (foto: Shutterstock)
Gambar untuk pola hidup sehat sebelum bekerja. (foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama berpuasa sebulan penuh, tubuh kita telah banyak meminimalisir kegiatan diluar. Oleh karenanya banyaak sekali para pekerja yang melakukan kegiatannya di rumah saja. Hal ini bertujuan supaya tak ada ketimpangan antara energi yang dikeluarkan dengan tenaga yang dimiliki selama puasa.

Tidak dipungkiri hal tersebut membuat seseorang menjaadi terbiasa dan sedikit sulit untuk kembali ke kebiasaan semula seperti sebelum lebaran 2022.

Namun ada tips tersendiri untuk membangun semangat bekerja kembali saat lebaran. Berikut tips yang bisa dilakukan supaya merasa segar kembaali sambut rutinitas setelah libur lebaran: 

 1. Mengatur Pola Tidur

Selama puasa, pola tidur seringkali tak beraturan dan hal ini umumnya dikarenakan kita harus bangun pagi sekali bahkan tengah malam untuk menyiapkan makan sahur. Tidak itu saja, beberapa orang yang alami kesulitan untuk bangun biasanya tidak akan tidur dan justru malah begadang. Sebelum kembali bekerja, alangkah baiknya untuk mengatur pola tidur yang baik supaya badan akan terasa segar kembali saat kembali bekerja. 

 2. Mengatur Pola Makan 

Tidak hanya pola tidur, pola makan juga harus diperhatikan sebelum benar-benar kembali bekerja. Dengan mengatur pola makan, akan membantu mencukupi gizi yang diperlukan untuk memulai aktivitas bekerja. 

 3. Mulai Rutin Berolahraga

Untuk kembali melenturkan badan supaaya tidak kaget saat hendak bekerja, bisa memulai dengan rutin berolahraga. Selain membuat badan terasa lebih sehat, berolahraga juga akan membantu mempercepat proses fokus sehingga pada saat kembaali bekerja akan memiliki konsentrasi yang baik. 

 4. Perbanyak Minum Air Putih 

Air putih rasanya menjadi satu-satunya minuman paling sehaat dan selalu disarankan untuk beberapa penyakit seperti demam, panas, dan flu. Dengan banyak minum air, maka kita akan terhindar dari beberapa penyakit berat salah satunya ginjal. Maka sempatkanlah waktu sebentar saja rutin dengan meminum airsehari minimal delapan gelas. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum kembali pada aktivitas rutin setelah lebaran. Bukan tidak mungkin jika seseorang masih kaget dengan pekerjaan setelah lebaran 2022 akan tetapi hal tersebut tetap bisa diatasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES