Kesehatan

Senyum Tetap Lebar saat Lebaran, Ini Tips Jaga Kesehatan Gusi

Selasa, 03 Mei 2022 - 06:36 | 89.68k
Gambar untuk gusi dan gigi yang sehat. (foto: alodokter.com)
Gambar untuk gusi dan gigi yang sehat. (foto: alodokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan akan selalu menjadi pilihan yang paling diutamakan saat kapanpun. Momen lebaran 2022 akan lebih menyenangkan dan khusyuk jika kita menyambutnya dalam keadaan sehat.

Terlebih saat pandemi seperti saat ini, aneka kebiasaan baru yang hadir tetap diterapkan supaya diri tetap sehat untuk keluarga tercinta di kampung halaman. Selama puasa, banyak sekali tips untuk menjaga kesehatan mulut salah satunya gusi. 

Salah satu penyebab gusi menjadi tidak sehat yakni kurangnya asupan zat besi. Kandungan zat besi pada sayuran biasanya terdapat pada sayur kangkung atau juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan lainnya. Namun ada beberapa cara untuk menjaga gusi agar tetap sehat sebagai berikut: 

 1. Rutin gosok gigi dua kali sehari. Penyebab gusi tidak sehat juga bisa dari mulut yang kurang bersih. Maka hal ini bisa dilakukan sebagai upaya menjaa mulut tetap bersih sehingga kuman tidak bersarang terlalu lama lalu membuat gusi menjadi tidak sehat. 

 2. Menggunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi. Jika hanya dengan menggosok gigi, maka gigi tidak akan bersih dengan maksimal karena hanya akan membersihkan bagian permukaan gigi. Oleh karena itu, perlu benang tambahan untuk dapat membersihkan sampai ke sela-sela gigi. 

 3. Menggunakan mouthwash seperlunya. Tidak jarang kita menggunakan mouthwash terlalu sering bahkan setiap kali mulut mengunyah sesuatu. Padahal, rupanya hal tersebut kurang baik untuk kesehatan gusi. Karena kandungan yang terdapat didalam mouthwash ada beberapa yang keras dan memang tidak boleh digunakan berlebihan apalagi sampai tertelan. 

 4. Menjaga pola makan. Kebiasaan menjaga pola makan akan menjaga supaya kuman tidak banyak bersaarang sehingga kesehatan gigi dan gusi akan aman. Hal ini juga berlaku untuk jenis makanan apapun yang kita makan. Misalnya coklat, makanan manis, atau makanan dengan cita rasa yang kuat. Cara menjaganya, seempatkan dengan selalu rutin membersihkan sehabis mengonsumsinya.  

Inilah beberapa cara yang bisa diikuti untuk menjaga gusi tetap sehat. Ternyata tidak hanya dari kebersihan saja, melainkan juga pentingnya dalam menjaga pola makan. Dengan begitu, senyum akan tetap indah dan lebaran akan lebih menyenangkan di saat momentum lebaran 2022(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES