Peristiwa Internasional

Jelang Lebaran, Ini Tradisi Idul Fitri yang Ada di Korea

Senin, 02 Mei 2022 - 02:22 | 120.35k
Gambar untuk Masjid Central Seoul, Korea Selatan (foto: muslimahdaily.com)
Gambar untuk Masjid Central Seoul, Korea Selatan (foto: muslimahdaily.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lebaran atau Idul Fitri tidak hanya dimiliki oleh umat muslim di Indonesia saja melainkan di seluruh dunia termasuk Korea Selatan. Beberapa belahan dunia memiliki ciri khasnya masing-masing dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H.

Pada umumnya, hari raya Idul Fitri pertama kali disambut dengan melaksanakan ibadah shalat Ied lalu dilanjut dengan bersalam-salaman dengan sanak saudara dan tetangga. 

Di Korea yakni di Korea Selatan, rupanya perayaan Idul Fitri tidak berbeda jauh dengan yang ada di Indonesia. Berikut beberapa hal yang ada di Korea saat melaksanakan hari raa Idul Fitri: 

 1. H-1 Lebaran

Bentuk perayaan H-1 Lebaran di Korea biasanya dilaksanakan dengan agenda buka bersama mengingat hari tersebut merupakan hari terakhir mereka menjalankan ibadah puasa. Selain itu juga dilaksanakan ibadah bersama di sebuah masjid yang terletak di Itaewon. Uniknya, masyarakat non-muslim yang da di Korea juga turut mengunjungi tempat tersebut karena ingin tahu budaya islam saat Ramadhan dan sambut Idul Fitri. 

 2. Halal Bihalal

Sama halnya dengan yang ada di Indonesia, halal bihalal juga ada di Korea. Hal ini ditunjukkan dengan saat setelah melaksanakan sholat Ied, masjid akaan membagikan roti dan juga susu. 

 3. Sholat Ied

Tentu kegiaatan yang satu ini takkan terdengar asing oleh masyarakat di Indonesia mengingat kita juga memiliki budaya tersebut. namun pelaksanaannya agak berbedaa, di Korea sholat Ied dilaksanakan di masjid central Seoul yang dilalui selamaa 10 menit tanpa Kutbah. 

Itulah beberapa pengetahuan seputar kegiatan Idul Fitri 1443 H di Korea Selatan. Tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, dan uniknya juga ada toleransi dari umat Non-muslim yang ada di Korea Selatan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES