Pendidikan

Ngaji Bareng Ramadan, Channel Gus Gaul dan TIMES Indonesia: Etika Murid kepada Temannya (28) 

Sabtu, 30 April 2022 - 05:19 | 66.78k
Suasana ngaji membahas pendidikan akhlak untuk anak-anak kerjasama channel Gus Gaul dan TIMES Indonesia selama bulan Ramadan 1443 H. (Foto: Gege for TIMES Indonesia)
Suasana ngaji membahas pendidikan akhlak untuk anak-anak kerjasama channel Gus Gaul dan TIMES Indonesia selama bulan Ramadan 1443 H. (Foto: Gege for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bertolak dari keprihatinan terkait adab, akhlak dan karakter anak, channel Gus Gaul pada Ramadan 1443 H kali ini ngaji membahas pentingnya pendidikan akhlak dari kecil. Dan, bekerjasama dengan TIMES Indonesia, media digital mainstream berplatform jurnalisme positif, untuk membangun ketahanan informasi masyarakat. 

*** 

Nara sumber channel Gus Gaul, Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, MA., dosen IAIN Ponorogo menjadi pembahas utama kitab Akhlaq Lil Banin selama Ramadan 1443 H. Kali ini membahas tentang etika murid kepada temannya. 

Di awal ngaji pemateri menjelaskan seorang murid harus memiliki etika yang baik kepada teman-temannya di sekolah dengan tidak membeda-bedakan. Dia harus menyayangi mereka sebagaimana menyayangi saudara-saudaranya sendiri. 

"Oleh karena itu, sayangilah mereka seperti kamu menyayangi saudaramu, hormatilah teman yang lebih tua, dan kasihi teman yang lebih muda darimu. Dan jangan lupa saling membantu ketika belajar bersama, dalam memperhatikan keterangan guru, dalam menjaga peraturan, dan bermainlah bersama di waktu istirahat, bukan di waktu belajar di dalam kelas, jauhilah saling menyakiti, bertengkar atau mengganggu dan  bermain tapi kurang pantas," kata Miftachul Choiri.

Kiai muda yang akrab disapa Gus Choi itu melanjutkan, murid yang baik tidak akan pernah memiliki sifat pelit dan selalu memberikan nasehat manakala melihat temannya malas belajar. Ia selalu membantu temannya memahami pelajaran. 

"Jika kamu ingin disayang oleh teman-temanmu, maka janganlah pelit terhadap mereka, ketika ada teman yang meminjam sesuatu, karena pelit itu adalah perbuatan yang sangat tercela. Jika melihat ada yang malas-malasan, nasihatilah agar bersungguh-sungguh dan mau meninggalkan sifat malasnya. Atau jika melihat mereka kurang pandai, maka bantulah dalam memahami pelajaran. Ketika melihat teman yang fakir, maka sayangi dan bantulah sekuat kemampuanmu," paparnya.

Gus-Gaul-dan-TIMES-Indonesia-2.jpg

Selain itu, dalam keterangan selanjutnya terdapat pesan yang harus diperhatikan oleh murid seperti tidak menyakiti teman-temannya dan selalu berbaik sangka serta hindari pertikaian. 

"Janganlah menyakiti teman-temanmu, dahulukan berprasangka baik. 
Ketika berbicara dengan halus dan senyum, tidak mengeraskan suara dan  wajah cemberut. Hindarilah marah, hasud, bicara kotor, bohong, adu domba satu sama lain. Murid yang jujur tidak pernah mengingkari ucapan," jelas Miftachul Choiri. 

Ngaji bareng Gus Gaul Channel kali ini ditemani Majelis Ta'lim Mama Milenia yang merupakan para dokter di Kabupaten Madiun. Suasananya pun menjadi lebih hangat karena ada sesi diskusi santai namun  bermakna. 
 
***
Simak ulasan lengkap ngaji bareng channel YouTube Gus Gaul dan TIMES Indonesia bersama Dr. H. Moh. Miftachul Choiri MA. selama bulan suci Ramadan 1443 H yang membahas tentang etika murid kepada temannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES