Kesehatan

Suka Naik Motor? Simak 4 Tips Menjaga Pandangan Mata Nyaman saat Berkendara

Selasa, 03 Mei 2022 - 22:06 | 117.37k
Ilustrasi berkendara menggunakan motor. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Ilustrasi berkendara menggunakan motor. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Selain menjaga fokus, pengendara harus aware terhadap kesehatan mata, terutama bagi pengendara kendaraan roda dua atau motor. Pastikan pandangan mata nyaman dan aman saat berkendara.

Ketika mengendarai motor, mata anda sangat mudah terserang gejala mata kering. Cirinya adalah mata kemerahan, mata terasa perih, sensasi panas, menyengat atau gatal di dalam mata, sensitif terhadap cahaya, dan mata terasa lelah.

Dilansir dari Hellosehat, ada 4 tips menjaga pandangan mata aman dan nyaman saat bermotor.

Pertama, gunakan helm Full-Face. Helm selain melindungi diri (kepala) dari potensi kecelakaan, juga melindungi mata. Helm Full-Face akan membantu mengurangi paparan polusi, debu, dan benda-benda kecil lainnya langsung mengenai mata.

Menggunakan helm full face saat berkendara juga membantu Anda mengurangi risiko mata kering dan merah akibat penguapan air mata dari tiupan angin.

Kedua, tidak menggaruk mata. Saat mengalami mata kering, Anda akan merasakan gatal, sensasi terbakar dan mengganjal. Usahakan untuk tidak menggaruknya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan mata yang lebih parah. Pasalnya menggaruk mata saat debu masuk ke mata akan menyebabkan kornea tergores.

Jika Anda sangat ingin untuk mengucek mata, sebaiknya letakkan kain yang lembap di atas mata hingga rasa gatal dan sensasi lainnya mereda.

Ketiga, hindari menggunakan lensa kontak saat berkendara. Hal ini disebabkan karena mata akan menjadi kering ketika tertiup angin. Sementara saat menggunakan lensa kontak kelembapan mata harus terjaga.

Alasan kedua adalah lensa kontak berisiko untuk kotor karena terkena debu kendaraan. Hal ini nantinya akan memperparah kondisi mata.

Keempat, gunakan tetes mata yang sesuai saat mata mengalami iritasi ringan atau kondisi kering. Tetes mata merupakan cara yang paling umum untuk mencegah mata merah dan kering bagi Anda yang setiap hari berkendara motor.

Itulah 4 tips menjaga pandangan mata nyaman dan aman berkendara motor di jalan. Tetap safety ya TIMES Lovers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES