Gaya Hidup

Ini 4 Cara Sederhana Menghilangkan Bekas Jerawat

Rabu, 04 Mei 2022 - 10:10 | 211.83k
Ilustrasi penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. (Foto: klikdokter)
Ilustrasi penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. (Foto: klikdokter)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tidak dapat dipungkiri bahwa jerawat yang membekas di wajah kita cukup mengganggu penampilan. Seseorang dapat menurun tingkat kepercayaannya sebab bekas jerawat.

Selain obat-obatan kimia, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara sederhana yang memanfaatkan bahan-bahan alami.

Dilansir dari alodokter yang ditinjau oleh dr. Airindya Bella, ini 4 cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. 

1. Manfaatkan lidah buaya

Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Lidah buaya mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat karena mengandung aloin, yaitu senyawa yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap dan mengurangi pigmentasi kulit.

Untuk menggunakannya, pertama lepaskan kulit dari daunnya dan ambil daging lidah buaya yang terlihat bening. Selanjutnya, oleskan daging buah tersebut ke bekas jerawat dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air setelah didiamkan selama 30 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari.

2. Menggunakan irisan lemon

Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.

Lemon bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah dengan baik.

Caranya, Anda bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat. Sayangnya, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat karena rentan mengalami iritasi.

3. Memanfaatkan soda kue

Soda kue dapat berfungsi sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat. Caranya, campur 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Anda disarankan untuk segera mengoleskan pelembap wajah setelah melakukan perawatan dengan soda kue agar kulit tidak menjadi kering.

4. Membuat masker madu

Madu adalah subtansi makanan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lain. Lebah menghasilkan madu dari sekresi gula tumbuhan atau dari sekresi serangga lain. Madu terbentuk melalui regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air.

Madu tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami, tetapi juga mempercepat penyembuhan luka, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah. Cara menggunakan masker madu pun cukup mudah. Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

Secara umum, berbagai bahan alami di atas aman digunakan pada kulit. Namun, sebagian orang bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Bila Anda mengalami alergi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter. Menghilangkan bekas jerawat secara alami di atas tentunya membutuhkan waktu. Semoga berhasil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES