Kuliner

Ini 5 Kue Kering yang Cocok Buat Hidangan Lebaran

Senin, 02 Mei 2022 - 20:20 | 114.62k
Kue putri salju. (Foto: rinaresep.com)
Kue putri salju. (Foto: rinaresep.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perayaan Idul Fitri atau lebaran tidak lepas dari hidangan makanan maupun kue kering. Hidangan ini yang disuguhkan kepada keluarga, tamu, tetangga atau orang yang berkunjung ke rumah kita untuk bersilaturahmi.

Bahkan, kue-kue lebaran juga dibuat untuk hantaran silaturahmi. Di sejumlah daerah di Indonesia, mengirim hantaran lebaran sudah menjadi tradisi.

Ada banyak kue yang setiap lebaran nyaris muncul dan menjadi kue 'wajib'. Biasanya, jajan suguhan adalah kue kering karena bisa tahan lama.

Diambil dari berbagai sumber, TIMES Indonesia merangkum setidaknya ada 7 kue lebaran yang sering tersedia dalam meja rumah kita. 

1. Nastar

Kue nastar yang populer di saat lebaran ini diambil dari kata ananas dan taart, dari Bahasa Belanda. Tak heran jika kue kering berwarna dominan kuning telur ini berisi selai nanas.

Nastar mempunyai banyak variasi isi, mulai dari selai nanas, kurma, abon dan lainnya. Masing-masing varian tentu memiliki penggemar sendiri.

2. Kastengel

Kue kering seperti kastengel menjadi camilan yang wajib disajikan saat menyambut hari perayaan Idul Fitri. Kue kastengel adalah kue kering yang gurih dan renyah.

Kue ini ternyata kastengel cerita cerita panjang dalam perjalanannya hingga menjadi hidangan yang begitu populer di Indonesia. Kue kering yang berbahan dasar keju ini merupakan resep asli dari Belanda.

3. Kue Kacang

Kue kacang tanah adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai macam bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit.

Kue kacang dikenal jenis kue dengan cita rasa yang gurih. Warnanya yang dominan oranye ini menjadi hidangan populer saat lebaran. Kue ini juga menjadi sumber protein nabati yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Kukis

Kukis adalah makanan yang dipanggang atau dimasak yang biasanya kecil, datar, dan manis. Kukis biasanya terdiri dari tepung, gula, dan beberapa jenis minyak atau lemak. Kukis juga dapat dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kismis, gandum, keping cokelat, kacang-kacangan, dan lainnya.

5. Putri Salju

Kue ini sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit. Di atasnya diselimuti gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega, dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus.

Itulah 5 kue kering khas lebaran yang cocok dan populer untuk hidangan tamu lebaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES