Peristiwa Internasional

Jokowi Undang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Hadir di KTT G20 

Jumat, 29 April 2022 - 21:02 | 99.45k
Presiden RI Jokowi mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (FOTO: Setkab RI)
Presiden RI Jokowi mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghadiri pertemuan G20 di Indonesia. Jokowi mengundang Zelensky saat berkomunikasi melalui telepon.

"Dalam pembicaraan per telepon kemarin saya mengundang Presiden Zelensky untuk hadir di KTT G20," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Jumat (29/4/2022).

Dalam pembicaraan antar kedua presiden tersebut, Jokowi membicarakan peran G20 sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia. Menurut Presiden ke-7 RI itu, ada dua hal yang berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi dunia, pandemi covid-19 dan perang di Ukraina. 

"Kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, pertama pandemi Covid-19 dan yang kedua perang di Ukraina," kata Jokowi.

Presiden Jokowi berharap perang di Ukraina dapat segera diakhiri. Jokowi juga menyinggung peluang perdamaian yang selalu terbuka.

"Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan," ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa dirinya juga berbicara per telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (28/4/2022) malam.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkap pembicaraannya dengan Presiden Jokowi. Melalui Twitter, Zelensky berterima kasih kepada Jokowi atas dukungannya di PBB.

"Sempat berbincang dengan Presiden Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu keamanan pangan dibahas," tulis Zelensky.

Presiden Zelensky juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan menghadiri agenda G20 di Indonesia. 

"(Saya) menghargai telah mengundang saya ke pertemuan G20," tulis Zelensky pada Rabu (27/4/2022). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES