Gaya Hidup

Tips Mudik Aman bagi Pengguna Sepeda Motor

Minggu, 01 Mei 2022 - 11:17 | 39.80k
Ilustrasi pemudik menggunakan sepeda motor. (Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi pemudik menggunakan sepeda motor. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTALebaran 2022 berbeda dengan 2 tahun sebelumnya. Pasalnya 2 tahun belakangan mudik dilarang dengan berbagai aturan pembatasan-pembatasan. Tahun 2022 ini diprediksi terdapat 85 juta orang akan melaksanakan mudik lebaran 2022.

Pemudik tentu memiliki pilihan kendaraan masing-masing. Walaupun menggunakan sepeda motor tidak dianjurkan, namun hal tersebut tidak bisa ditampik.

TIMES Indonesia kali ini memberikan tips mudik aman bagi pengguna sepeda motor. Hal terpenting bagi pengendara adalah tubuh fit dan prima. Dirangkum dari berbagai sumber berikut kami sajikan.

1. Lakukan Peregangan

Ketika hendak mudik, sebaiknya anda melakukan peregangan terlebih dahulu. Hal ini dianjurkan agar pada saat berkendara, tubuh anda tidak mengalami kram. Hal ini dikarenakan ketika anda berkendara, banyak otot tubuh yang menekuk seperti kaki dan tangan.

Kram bisa saja terjadi lantaran suplai darah tidak terpenuhi. Tentu saja hal ini sangat mengganggu aktivitas berkendara anda.

2. Beristirahat Setelah Berkendara Selama 2,5 Jam

Ketika anda dalam perjalanan, upayakan beristirahat setelah berkendara selama 2,5 jam. Hal ini dikarenakan tubuh anda bisa lelah setelah menempuh 2 sampai 2,5 jam.

Jika pengendara memaksakan diri pada saat kondisi lelah, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Alih-alih selamat sampai tujuan, malah bisa membahayakan pengendara.

3. Beristirahatlah Minimal 15 Menit

Kondisi tubuh tentu berbeda-beda. Namun waktu istirahat yang optimal adalah minimal 15 menit. Apabila anda terpaksa tidak puasa, maka dianjurkan meminum air putih secukupnya. Hal tersebut dianjurkan agar menambah daya konsentrasi anda dan mengganti ion tubuh yang hilang.

Upayakan anda tidak mengalami dehidrasi ketika berkendara. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi anda selama berkendara.

4. Kenali Kondisi Tubuh

Ketika di tengah perjalanan, upayakan anda mengenali kondisi tubuh anda. Apakah anda sedang bosan, mengantuk, atau sedang lelah.

Hal ini bisa dilihat dari tingkat konsentrasi anda ketika berkendara. Apabila konsentrasi anda menurun, segera kenali kondisi tubuh anda. Apabila anda lelah segera menepi dan beristirahat.

5. Pilih Tempat Istirahat yang Nyaman dan Aman

Ketika mudik, tentukan tujuan dimana anda akan beristirahat. Kantor-kantor kepolisian disebut menjadi salah satu tempat yang cukup aman dan nyaman.

Ketika anda hendak beristirahat, tentu anda membutuhkan tempat yang aman. Pos pantau juga menjadi rekomendasi tempat beristirahat yang cocok buat anda.

Setelah istirahat sudah cukup, anda bisa kembali mudik lebaran 2022 dengan nyaman dan dalam kondisi prima.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES