Wisata

Ini Tiga Wisata Embung Terkenal di Kabupaten Malang yang Wajib Dikunjungi

Rabu, 04 Mei 2022 - 06:30 | 240.04k
Embung Cempaka. (Foto: Photo Malang)
Embung Cempaka. (Foto: Photo Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Potensi wisata di Kabupaten Malang tidak perlu diragukan lagi. Selain keindahan alamnya, ada Tiga Wisata Embung terkenal di Kabupaten Malang yang wajib dikunjungi di Libur Lebaran 2022 kali ini.

Keberadaan Embung tidak hanya untuk menjaga kualitas serta kuantitas air dalam tanah. Melainkan juga dimanfaatkan untuk sektor pertanian hingga pariwisata.

Berikut Tiga Wisata Embung Terkenal di Kabupaten Malang yang Wajib Dikunjungi :

1. Embung Jambesari Sunset, Poncokusumo

Embung Jambesari Sunset  dibangun dari tahun 2014 oleh warga Jambesari, yang mana ini menjadi tempat pemancingan bagi warga, yang saat ini menjadi destinasi andalan.

Ikan yang ada di dalam embung ini yaitu ikan Mujair dari ukuran kecil hingga besar, dibuka dengan gratis bagi siapapun yang berkeinginan masuk ke Embung Jambesari Sunset ini. Suasana yang indah, sejuk, tenang dan juga asri tentunya.

Sesuai dengan namanya, Embung Jambesari Sunset ini mengandalkan pesona alamnya berupa sunset atau matahari tenggelam. Tempat tersebut biasanya menjadi jujugan komunitas gowes untuk beristirahat.

2. Embung Pandanmulyo, Tajinan

Embung-Jambesari-Sunset.jpgEmbung Pandanmulyo Tajinan. (Foto: Photo Malang).

Makin Kreatifnya terutama di berbagai daerah pedesaan dimana masih dalam lingkungan desa suasana asli dan alami. Berpotensi untuk bisa dikembangkan menjadi wisata rekreasi.

Salah satunya adalah Embung Stunting Pandanmulyo , dengan lokasi tepatnya di Jalan Raya Dusun Jambu Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Ada kolam renang anak-anak, kolam renang dewasa. Kolam pemancingan ikan beserta gasebo. Taman bunga, kebun sayur yg bila saat panen dapat dibeli langsung Fresh langsung dipetik di tempat.

Nama lain dari tempat tersebut adalah Embung Stunting yang tujuan besarnya adalah mencegah Stunting atau gagal tumbuh pada balita yang ada di desa tersebut. 

3. Embung Cempaka

Embung cempaka memiliki mata air murni yang melimpah, masyarakat sekitar memanfaatkan mata air murni itu sebagai ladang pencahariannya.

Pemanfatan air tersebut berupa kolam renang dengan sebutan Embung Cempaka yang terletak  Dusun Krajan, Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Destinasi wisata Embung cempaka dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB dengan harga masuk 2000 rupiah dan 3000 rupiah untuk parker sepedah motor.

Embung Cempaka juga memiliki beberapa fasilitas yang lengkap mulai dari area out bound, dua kolam renang dimana kolam pertama memiliki kedalaman 60 cm hingga 2,5 meter.

Keberadaan Embung Cempaka menjadi daya tarik dan memperkaya khasanah Destinasi Wisata Embung Terkenal di Kabupaten Malang, yang pas untuk wisata Lebaran 2022.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES