Wisata

Wisata Alam di Bondowoso yang Cocok Saat Libur Lebaran, Berikut Daftarnya

Senin, 02 Mei 2022 - 11:29 | 67.77k
Kawah Wurung yang dikenal dengan Bukit Teletubbies yang berlokasi Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kawah Wurung yang dikenal dengan Bukit Teletubbies yang berlokasi Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dikenal memiliki destinasi wisata alam yang sangat cocok untuk liburan keluarga di momen lebaran 2022.

Destinasi Wisata Kabupaten Bondowoso dikenal dengan surga di ketinggian. Sebab wisata alam di Bumi Ki Ronggo mayoritas berlokasi di daerah pegunungan Ijen.

Bahkan beberapa destinasi wisata alam diajukan masuk warisan dunia UNESCO Global Geopark (UGG), yang pada tahun ini akan dilakukan asesmen lapang.

Berikut daftar rekomendasi destinasi wisata alam di Kabupaten Bondowoso yang cocok saat libur lebaran.

Kawah Wurung

Kawasan Kawah Wurung terbentuk dari aktivitas vulkanik dengan tahapan yang kompleks. Di kawasan ini terdapat gunung kaldera bagian dalam, antara lain Kawah Wurung, Gunung Genteng, Gunung Pendil, Gunung Pendlan, dan Gunung Anyar yang telah menjadi objek penelitian petrologi dan stratigrafi.

Kawah Wurung juga dikenal dengan Bukit Teletubbies, dan memiliki keindahan yang luar biasa. Wisata alam tersebut cocok bagi orang yang suka selfie atau fotografer.

Kawah Wurung berbentuk kawasan perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau dengan bentuk kawah kaldera, dan bentuknya menyerupai bukit dalam film Teletubbies.

Anda bisa mengambil rute dari jalur Surabaya menuju Bondowoso melewati jalur Pantura wilayah Besuki. Kemudian belok kanan menuju simpang tiga Suboh menuju pusat kota Bondowoso.

Lalu teruskan jalur perjalanan anda menuju jalur Situbondo dan pilih simpang tiga ke kanan menuju arah Sukosari Bondowoso, lalu anda ambil rute menuju arah destinasi Wisata Kawah Ijen.

Lama perjalanan memakan waktu hingga 2-3 jam menuju Kecamatan Ijen. Setiba di Desa Sempol ikuti rute menuju Kawah Wurung mengikuti papan penunjuk yang sudah terpasang.

Jika menggunakan jalur Banyuwangi, anda bisa mengambil jalur menuju Desa Licin. Setelah 45 menit perjalanan, setelah pertigaan terakhir dan selanjutnya anda naik Kawah Ijen melalui Palduting.

Kemudian lanjutkan perjalanan anda sampai ketemu persimpangan yang berada di sebelah kiri yang mengarah ke Kawah Wurung. Anda ambil jalur tersebut hingga sampai ke Kawah Wurung.

Sawi Jampit Garden

Apabila anda ingin menikmati suasana bunga bermekaran dengan latar yang indah, anda bisa berkunjung ke dusun Jampit Bondowoso.

Di sana terletak kebun sawi dengan bunga-bunga kekuningan dengan berlatar Gunung Ijen, Gunung Raung dan Gunung Ranti.

Jabal Kirmit Hill

Jika anda ingin melihat hijaunya rumput yang membentang luas di Bukit Jabal Kirmit tampak seperti permadani.  

Permukaan tanah tertutup oleh warna hijau yang merata. Bisa dipastikan udara di lokasi ini sangat sejuk dengan suasana yang asri.

Pet-Leppet Hill

Di kaki gunung Ijen terdapat sebuah bukit yang konturnya berlapis-lapis. Karena bentuknya yang berlapis, warga memberi nama dengan bukit pet-leppet (Bahasa Madura: berlapis).

Hamparan rumput hijau dengan bukit yang tampak berlapis, membuat otak terasa refresh dan tentu sangat memanjakan mata.

Ilalang Grass Crater

Kawasan ini dinamakan Kawah Ilalang karena terdapat tanaman rumput ilalang yang tumbuh memenuhi lokasi tersebut.

Tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan penat. Lokasi ini juga sangat pas bagi wisatawan yang suka swafoto. Dijamin Instagramable.

Itulah destinasi wisata alam Kabupaten Bondowoso, yang sangat cocok untuk liburan keluarga di momen lebaran 2022 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES