Ekonomi

Melalui layanan COD, Ninja Xpress Siap Bantu UMKM Jangkau konsumen Lebih Luas di Indonesia

Kamis, 28 April 2022 - 18:34 | 33.99k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini metode pembayaran COD atau Cash on Delivery kian populer baik di kalangan konsumen maupun pelaku usaha karena dari survei tersebut, 73% orang menggunakan layanan COD adalah untuk memastikan barang yang diterima sesuai dengan pesanan.

Alasan lainnya adalah metode pembayaran COD dinilai lebih simpel dibanding pembayaran melalui ATM.

Badan Pusat Statistik (BPS) pun pada tahun 2020 juga mengamini situasi tersebut. Pada laporannya terdapat 78% pelaku usaha e-commerce menggunakan metode pembayaran COD. Diikuti metode pembayaran transfer bank 16%, dan e-Wallet 4,43%.

Banyaknya konsumen yang lebih memilih metode pembayaran COD, membuat metode pembayaran tersebut dinilai mampu menjangkau konsumen yang lebih luas.

Seperti halnya Ninja Xpress yang merupakan penyedia jasa ekspedisi telah hadir di Indonesia sejak tahun 2015 dan menjangkau wilayah Asia Tenggara. Bahkan hingga saat ini Ninja Xpress telah bekerjasama dengan berbagai platform mulai dari marketplace, layanan e-Wallet, transportasi, hingga perusahaan penyedia pendanaan guna memenuhi kebutuhan modal para pelaku usaha.

Pada tahun 2021, Ninja Xpress juga telah berhasil melakukan pengiriman dalam kota mencapai 98 persen dan antar kota 97 persen di seluruh Indonesia dengan pengiriman rata-rata lebih dari 600.000 paket perhari.

Selain mengedepankan teknologi dan fasilitas pengiriman, Ninja Xpress juga mengedepankan kepuasan pelanggan melalui Call Center Ninja Xpress yang cepat dan responsif dengan menghubungi 021-2926-4120

Menyadari hal itu, Ninja Xpress sebagai salah satu penyedia jasa ekspedisi di Indonesia memiliki layanan yang mampu mengakomodasi sistem pembayaran COD melalui Ninja COD.

Selain mempermudah pembayaran, layanan pengiriman Ninja COD juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

Pertama, biaya COD yang diberlakukan oleh Ninja Xpress cukup kompetitif dengan jasa ekspedisi lainnya yaitu 2,5% hingga 3% dari jumlah harga barang dan ongkos kirim.

Kedua, proses pencairan dana COD bisa dicairkan dengan cepat pada hari Selasa dan Jumat tiap minggunya. Bahkan dengan menggunakan layanan COD advance, pencairan dana bisa dilakukan secara langsung dengan batas waktu maksimal 2 hari.

Ketiga, karena berbasis teknologi, para pelaku usaha tidak perlu khawatir apabila terdapat kesalahan hitung dana COD. Perhitungan dana dilakukan secara transparan dan akurat.

Biasanya pengiriman COD dikenal hanya bisa dilakukan melalui marketplace. Menjawab hal itu, Ninja Xpress juga bisa memberlakukan sistem COD apabila penjual tidak memiliki kanal penjualan marketplace dan hanya mengandalkan media sosial sehingga bagi penjual yang memang baru memulai bisnisnya melalui media sosial tetap bisa menggunakan Ninja COD.

Kelima, layanan Ninja COD telah menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga di mana pun pelanggan berada, masih bisa dijangkau melalui layanan COD dari Ninja Xpress.

Keenam, semakin banyak penjual menggunakan jasa dan bergabung dengan Ninja Xpress, semakin besar kesempatan untuk mengembangkan bisnis melalui berbagai diskon, cashback, dan complimentary lainnya berupa hadiah dimana setiap pengiriman paket melalui Ninja Xpress, penjual akan mendapatkan Ninja Point Rewards. Semakin banyak Point Rewards, penjual bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan oleh Ninja Xpress seperti melalui Prima Benefit, bisa mendapatkan saldo e-Wallet atau Ninja Academy yang memberikan fasilitas optimasi toko berupa foto dan video produk, kesempatan bekerjasama dengan influencer, dan kesempatan untuk mendapatkan edukasi wirausaha.

Melalui layanan COD dan berbagai fasilitas pendukung lainnya, Ninja Xpress berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha terutama UMKM untuk bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. 
Dengan begitu, para pelaku UMKM lebih mudah mendapatkan kesempatan untuk berkembang. Terutama dalam hal meningkatkan kepuasan pelanggan melalui layanan pengiriman terbaik.

Selain Ninja COD, penjual online juga bisa memanfaatkan layanan pengiriman lain seperti Ninja Reguler, Ninja Sameday, dan layanan jemput paket dimana penjual tidak perlu mengirim paket ke kantor Ninja Xpress. 

Dengan mendaftar Ninja Xpress ternyata dapat menjadi pengusaha UMKM yang memiliki daya saing dan mampu menembus berbagai lapisan konsumen. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES