Gaya Hidup

Simak 7 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

Minggu, 01 Mei 2022 - 00:20 | 45.50k
Pemudik saat melintasi jala raya. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Pemudik saat melintasi jala raya. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGMudik lebaran atau pulang kampung saat lebaran menjadi aktivitas rutin Sebagian besar kelompok masyarakat di Indonesia. Namun, sebelum berangkat mudik, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan para pemudik agar perjalanan aman dan nyaman dengan menggunakan kendaraan pribadi.

TIMES Indonesia merangkum 8 tips mudik aman dan nyaman saat mudik lebaran, diambil dari berbagai sumber:

1. Pastikan kondisi tubuh sehat

Kesehatan fisik menjadi poin pertama yang penting diperhatikan. Jika kondisi fisik kurang fit, Anda perlu mempertimbangkan kembali rencana untuk mudik. Pastikan tubuh sedang fit dan siap untuk bepergian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

2. Cek kondisi kendaraan

Ada banyak jenis kendaraan yang dapat digunakan saat mudik. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, anda harus memastikan kendaraan anda siap digunakan perjalanan jauh. TIMES Indonesia sangat merekomendasikan Anda membawa kendaraan ke bengkel terlebih dahulu untuk pengecekan oli, kondisi mesin, ban, dan perangkat penting lainnya.

3. Cek perlengkapan kendaraan

Hal penting yang juga perlu disiapkan adalah perlengkapan kendaraan. Ketersediaan perlengkapan kendaraan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda selama perjalanan. Perlengkapan ini untuk mengantisipasi kejadian tak terduga. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

4. Daftar barang bawaan

Untuk poin ini, sebaiknya dapat anda siapkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya barang tertinggal. Ya, Namanya manusia tidak luput dari salah dan lupa. Sebab itu gaes, siapkan semua barang bawaan anda sebelum pemberangkatan. Cek kembali semua barang bawaan anda sebelum tancap gas.

5. Prioritaskan barang mendesak

Barang bawaan yang hendak anda siapkan idealnya menyesuaikan asas urgensi. Sebab, tidak semua barang dapat dibawa. Terlebih, jika anda menggunakan kendaraan roda dua yang kapasitasnya sangat terbatas. Jadi, bawalah barang bawaan anda yang mendesak saja. Tidak perlu banyak, yang penting cukup untuk kebutuhan mudik anda. Oya, boleh bawa oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah asalkan masih dalam batas wajar dan tidak memberatkan anda saat berkendara.

6. Kotak P3K

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain. Sediakan juga air mineral ya, gaes…

7. BBM, Baterai, dan Pulsa

Tiga poin ini bukan hal sepele lho, gaes. Bahan bahan minyak (BBM) kendaraan anda harus terisi penuh agar tidak terlalu sering berhenti di SPBU. Selanjutnya, kondisi baterai handphone dan pulsa harus terisi maksimal dan mencukupi untuk menunjang perjalanan anda.

Itulah 7 tips mudik lebaran aman dan nyaman dengan menggunakan kendaraan pribadi. TIMES Lovers semuanya harus perhatikan baik-baik ya poin di atas karena keluarga tercinta menunggumu datang selamat. Oya, satu lagi. Pastikan rumah yang ditnggal dalam kondisi terkunci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES