Pemerintahan

Gubernur Khofifah Dampingi Kapolri Tinjau Kesiapan di Purabaya

Kamis, 28 April 2022 - 11:06 | 39.94k
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Khofifah meninjau Pos Pelayanan Lintas Sektoral (Posyan) di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (28/4/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Khofifah meninjau Pos Pelayanan Lintas Sektoral (Posyan) di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (28/4/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau Pos Pelayanan Lintas Sektoral dan Gerai Vaksin Booster yang ada di Terminal Purabaya (Terminal Bungurasih) Sidoarjo.

Rombongan juga mengecek kesiapan sejumlah fasilitas seperti Posko Terpadu yang sengaja disediakan bagi para pemudik. Diantaranya, layanan ruang istirahat, ruang observasi kesehatan, vaksin booster, toilet, ruang laktasi, swab antigen, pijat refleksi, serta wifi gratis.

Tak hanya itu, bagi pemudik yang singgah saat waktu berbuka puasa, juga disediakan takjil serta masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Listyo-Sigit-Prabowo-bersama-Gubernur-Khofifah-2.jpg

Selanjutnya, Gubernur juga mendampingi Kapolri meninjau gerai vaksin yang didirikan oleh Polresta Sidoarjo. Di Gerai Vaksin ini,  setiap hari  disediakan 300 dosis vaksin booster bagi pemudik yang belum melakukan vaksin ketiga.

"Untuk mendukung kelancaran arus mudik, kami bersinergi dengan Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya telah menyediakan 195 Pos Pengamanan (Pos PAM) di seluruh wilayah Jatim, 52 Pos Pelayanan (Pos YAN), serta 10 Pos Terpadu," ujar Khofifah, Kamis (28/4/2022).

Ini merupakan pengembangan dari semula 169 Pospam dan  49 Pasyan serta 10 Postu.

Tak hanya itu, pada Kapolri, Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan juga telah melakukan Ramp Check di 28 Terminal Tipe B se-Jatim.

Dimana agenda tersebut sudah mulai dilakukan pada 4 April hingga 25 April mendatang dengan target sasaran yakni Bus AKAP, AKDP, dan Pariwisata.

Khofifah menambahkan, mudik lebaran tahun ini akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan menggunakan pelbagai moda transportasi. Menurut data Litbang  Kemenhub RI  bahwa tahun 2022 prediksi jumlah pemudik tahun ini  tujuan Jawa Timur diperkirakan mencapai 16,8 juta orang.

Listyo-Sigit-Prabowo-bersama-Gubernur-Khofifah-3.jpg

Lonjakan jumlah tersebut diperkirakan, lantaran tahun ini kebijakan syarat test swab antigen dan PCR bagi yang telah melakukan vaksin dosis-3 telah dihapuskan. Selain itu dua tahun berturut-turut mereka sudah menahan diri tidak mudik karena dilarang oleh pemerintah karena pandemi covid-19.

"Kami juga telah melakukan koordinasi bersama dengan bupati/walikota di Jawa Timur untuk menyediakan random swab check. Random swab check juga disediakan di 23 rest area di Jawa Timur untuk mendeteksi yang positif Covid-19.  Bagi yang terkonfirmasi positif akan cepat mendapatkan penanganan," ujar Khofifah.

Untuk mengantisipasi kemacetan di Jawa Timur saat mudik dan balik libur lebaran , berbagai rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan Dinas Perhubungan Jawa Timur melalui koordinasi bersama dengan berbagai lintas sektor.

Atas segala kesiapan Jatim dalam menyambut arus mudik lebaran tahun 2022 ini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit secara khusus menyatakan apresiasinya.

"Hari ini saya mendapatkan kesempatan melaksanakan kunjungan ke Terminal Purabaya, dimana tadi kita sudah lihat kesiapan dari Pos Pelayanan Terpadu yang dipersiapkan dalam rangka melayani arus mudik, semua lengkap, bagus," ujar Kapolri.

Lebih lanjut Kapolri mengapresiasi kesiapan yang dilakukan oleh Terminal Purabaya dalam memberikan pelayanan bagi para pemudik. Dimana, dilaksanakan pula pengecekan uji emisi terhadap kendaraan, termasuk pula tes urin bagi driver bis.

"Ini baik sekali, karena dilakukan agar penumpang juga yakin pengemudi dalam keadaan sehat dan kondisinya prima untuk bisa membawa penumpang khususnya rute jauh," imbuh Kapolri.

Di kesempatan yang sama, Kapolri juga berharap agar masyarakat memanfaatkan gerai vaksin yang ada. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi penyebaran virus Covid-19 yang dapat menimbulkan kluster keluarga pasca lebaran.

"Karena kali ini mudiknya lebih meriah daripada tahun lalu. Harapan kita dapat bertemu dengan keluarga dalam kondisi sehat. Apalagi saat ini Jawa Timur angka Covid-19 terus menurun, pertahankan disiplin protokol kesehatan dan lakukan vaksin," pesan Kapolri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES