Peristiwa Internasional

Tiga Guru Tewas Akibat Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan

Rabu, 27 April 2022 - 08:55 | 27.79k
Ledakan itu terjadi di dekat Institut Konfusius di Karachi. (FOTO: BBC/EPA)
Ledakan itu terjadi di dekat Institut Konfusius di Karachi. (FOTO: BBC/EPA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – AntiChina di Pakistan memuncak, tiga guru bahasa China dan sopir Pakistan tewas setelah bom bunuh diri meledak di dekat mobil yang mereka tumpangi di kota selatan Karachi, Selasa (26/4/2022).

Ledakan itu merobek minibus yang mereka tumpangi. Selain menewaskan tiga orang jiga  melukai setidaknya empat orang lainnya di dekat Institut UniversitasbKonfusius.

Dilansir BBC, Tentara Pembebasan Baloch (BLA) mengatakan mereka menyerang kendaraan yang membawa staf China. Pelaku bom bunuh diri adalah seorang wanita militan.

Kelompok tersebut menentang investasi China di Pakistan, dengan mengatakan bahwa penduduk setempat tidak diuntungkan.

Serangan bom bunuh diri ini kali pertama dilakukan BLA oleh seorang militan wanita. Kelompok ini telah menargetkan warga negara China pada beberapa kesempatan, seperti halnya Taliban Pakistan.

China sangat terlibat dalam proyek infrastruktur besar di seluruh Pakistan, termasuk di provinsi Balochistan yang kaya sumber daya.

Kedutaan China di Pakistan mengkonfirmasi bahwa tiga warga negaranya tewas dalam ledakan hari Selasa itu.

Pemerintah Pakistan mengutuk apa yang disebutnya sebagai "serangan teroris pengecut".

Korban tewas termasuk Direktur Institut Konfusius, sebuah badan yang dikelola pemerintah China yang menawarkan program bahasa dan budaya di luar negeri, dan dua anggota fakultas lainnya di Karachi.

Rekaman CCTV menunjukkan seorang wanita berdiri di luar gerbang institut, ketika van itu tiba, sesaat kemudian  diikuti oleh ledakan kuat.

BLA merilis foto seorang wanita berseragam mengangkat dua jari memberi hormat yang dikatakan telah melakukan serangan itu, dan menamainya sebagai Shariah Baloch alias Bramsh.

Media lokal melaporkan bahwa pengebom itu adalah seorang mahasiswa di universitas tersebut.

Balochistan sendiri kaya akan sumber daya alam tetapi menjadi provinsi termiskin di Pakistan. Wilayah ini menjadi rumah bagi pemberontakan yang sudah berlangsung lama.

Anti China di wilayah itu akhirnya mencapai puncaknya setelah BLA dengan militan wanitanya menyerang dengan bom bunuh diri menyebabkan tiga guru bahasa China dan sopir Pakistan tewas di kota selatan Karachi, Selasa (26/4/2022). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES