Pendidikan UIN Malang

Mapala Tursina UIN Malang Kampanye Lingkungan di Hari Bumi

Selasa, 26 April 2022 - 20:21 | 71.35k
UKM Mapala Tursina UIN Malang menggelar peringatan Hari Bumi 2022. (Foto: UIN Malang for TIMES Indonesia)
UKM Mapala Tursina UIN Malang menggelar peringatan Hari Bumi 2022. (Foto: UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pada momen peringatan Hari Bumi 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Tursina UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) turut mengkampanyekan pelestarian lingkungan.

Apalagi, Kota Malang beberapa tahun terakhir ini kerapkali dijumpai bencana banjir. UKM Mapala Tursina UIN Malang hadir melalui rangkaian kegiatannya mulai dari acara bagi takjil dan buka bersama, Minggu (24/4/2022).

Diawali dengan festival Mural sebagai bentuk edukasi dan kampanye pelestarian lingkungan, acara dilanjutkan dengan pembagian takjil di depan pintu gerbang belakang kampus.

Menjelang waktu berbuka, para aktivis pecinta alam ini selanjutnya melaksanakan acara seremonial penutupan peringatan hari bumi di Aula Pusat Bahasa, Gedung C lantai 3. Pada kesempatan tersebut hadir Kapolsek Lowokwaru, Kompol Suyoto mewakili Kapolres Malang Kota yang berhalangan datang.

UIN-Malang-b.jpg

Suyoto mengapresiasi peran UKM Mapala Tursina yang aktif mempelopori gerakan pelestarian lingkungan, di antaranya melalui peringatan Hari Bumi. Menanggapi pertanyaan seorang mahasiswa soal banjir di Kota Malang yang berada di posisi dataran tinggi, Suyoto menjelaskan bahwa ini sesungguhnya bukan masalah letak geografis, tetapi lebih pada perilaku masyarakatnya.

“Kesadaran masyarakat untuk turut menjaga lingkungan dan bumi ini masih rendah. Masih banyak yang buang sampah sembarangan. Dan masih sedikit sekali yang mau bantu memungut sampah yang tercecer," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Mapala Tursina Gusti Rafi Pangestu dalam sambutannya menegaskan tekad seorang mahasiswa pecinta alam sebagai pelestari lingkungan hidup demi kehidupan penghuninya yang lebih baik.

Salah satu agenda rutinnya adalah kegiatan peringatan Hari Bumi setiap 22 April. Selain itu, Mapala Tursina juga aktif membantu mewujudkan agenda besar Universitas menjadi Green Campus.

Kegiatan peringatan Hari Bumi 2022 UKM Mapala Tursina UIN Malang yang mengambil tema ‘Lestarikan Bumi dan Sucikan Hati’ ini ditutup dengan acara buka bersama dan ramah tamah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES