Pemerintahan

Anies Baswedan Sedih, Kebakaran Pasar Gembrong Timpa 450 Keluarga

Selasa, 26 April 2022 - 16:11 | 36.23k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau setelah adanya kebakaran Pasar Gembrong Jakarta Timur. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau setelah adanya kebakaran Pasar Gembrong Jakarta Timur. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan ikut sedih dan berduka atas musibah kebakaran yang menimpa 450 keluarga di Pasar Gembrong, Jakarta Timur Senin (25/4/2022) kemarin.

"Setelah tuntas pemadaman, Pemprov DKI Jakarta langsung memberikan bantuan untuk warga yang terdampak," kata Anies Baswedan dikutip dari Instagram resminya Selasa (26/4/2022).

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan, bagi warga, disiapkan tempat tinggal sementara, seluruh kebutuhan dasarnya, makan, minum dan sandang disiapkan.

memantau-setelah-adanya-kebakaran-Pasar-Gembrong-Jakarta-Timur-2.jpg

Sehingga kata dia, warga bisa tetap tinggal sementara dan tidak terlantar. Kemudian lanjut Anies, Dukcapil mendata catatan kependudukan, sehingga dokumen yang terbakar akan bisa langsung disiapkan penggantinya.

"Kemudian bagi para pedagang yang terdampak, mereka akan disiapkan tempat berjualan oleh Pasar Jaya, di kawasan pasar sudah ada 40 kios yang disiapkan," jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Pemerintahan Ibu Kota itu memastikan, mereka juga diberikan bantuan berupa modal agar mereka punya bekal awal untuk memulai lagi, apalagi menjelang akhir Ramadan yang terjadi perputaran perekonomian yang bisa mereka nikmati.

memantau-setelah-adanya-kebakaran-Pasar-Gembrong-Jakarta-Timur-3.jpg

Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, ada layanan pemulihan. Kata Anies, pihaknya memberikan rehabilitasi psikis bagi anak-anak ataupun orang dewasa yang mengalami trauma. Pada fase ini adalah fase menyelamatkan dan memastikan kelangsungan hidup agar mereka sehat baik secara fisik maupun psikis.

"Kami di Pemprov DKI tidak akan membiarkan warga sendirian, kami akan dampingi, bantu, dan pastikan semua dukungan yang diperlukan bisa diberikan. Kami mengapresiasi para pimpinan masyarakat, baik RT, RW, LMK, Dinas Gulkarmat dan lain-lain yang telah bekerja non-stop membantu warga," ujar Anies Baswedan soal kebakaran di Pasar Gembrong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES