Kuliner

Nikmati Kesegaran Es Dawet Ayu Pacitan, Paling Cocok Buat Berbuka Puasa

Selasa, 26 April 2022 - 05:26 | 109.26k
Es Dawet Ayu, minuman khas Pacitan asli gula aren yang nikmat sehingga diburu pelanggan dan paling cocok buat berbuka puasa Ramadan. (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Es Dawet Ayu, minuman khas Pacitan asli gula aren yang nikmat sehingga diburu pelanggan dan paling cocok buat berbuka puasa Ramadan. (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Bingung dengan menu minuman takjil untuk berbuka puasa? Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terdapat Es Dawet Ayu yang sangat khas dan banyak diburu pelanggan. 

Menurut pemilik Es Dawet Ayu, Ari Kusumawati (41) selain rasanya yang nikmat, harganya cukup terjangkau. Tiap bungkus hanya Rp 3.500. Es Dawet Ayu buka tiap sore di Jalan Raya Pacitan-Solo km 25, tepatnya sebelah timur Pasar Margomulyo Kecamatan Punung. 

"Sehabis ashar sudah buka hingga adzan maghrib, dawet habis dibeli pelanggan, harganya Rp10 ribu dapat 3, satunya Rp3.500," katanya, Senin (25/4/2022). 

Terlebih saat Ramadan, omzet dari penjualan Es Dawet Ayu bisa mencapai ratusan ribu karena memang sangat diminati dan letaknya di pinggir jalan yang strategis mudah ditemukan.

ES-dawet-ayu-a.jpg

"Saat Ramadan ini omzet per hari Alhamdulillah dapat 500-600 ribu bersih. Kadang belum maghrib sudah habis. Rata-rata pembeli menyempatkan mampir, kan di pinggir jalan, jadi mudah nyarinya," ungkap perempuan yang akrab dipanggil Wati. 

Wati menuturkan, kekhasan Es Dawet Ayu ini terletak dari bahan dasar murni dari aren sehingga cita-rasanya sangat nikmat terlebih di saat cuaca sedang panas. 

"Dawet Ayu ini ciri khasnya pada bahan baku seperti cendol yang terbuat dari dari sari pati aren. Manisnya khas karena gulanya asli terbuat dari aren," jelasnya.

ES-dawet-ayu-b.jpg

Sementara itu, pelanggan Es Dawet Ayu, Sri Hartatik (39) mengaku kepincut dengan kesegaran minuman tradisional khas Pacitan tersebut dan sangat rekomendasi buat berbuka puasa. 

"Kalau saya suka dengan rasanya, bukan manis buatan melainkan asli gula aren. Warnanya juga alami tanpa pengawet, saat cuaca panas tambah segar jadi sekali beli langsung Rp 20 ribu sekalian buat oleh-oleh di rumah," ucapnya saat memborong Es Dawet Ayu khas Pacitan yang cocok buat berbuka puasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES